Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
RSUD Rohul Gelar Forum Konsultasi Publik Terkait Penilaian Kinerja
Rabu, 22-05-2024 - 16:01:52 WIB
RSUD Rohul Gelar Forum Konsultasi Publik Terkait Penilaian Kinerja
TERKAIT:
   
 

Rokan hulu, Liputanonline.com - Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Kabupaten Rokan Hulu menggelar Forum Konsultasi Publik (FKP) mengenai penilaian kinerja RSUD berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat, yang bertempat di Ruang Serba Guna RSUD Rokan Hulu, Rabu (22/05/2024).

Turut dihadiri oleh, Pj. Kadis Kesehatan, Dirut RSUD, Kadis Perizinan, Kadis Diskominfo yang di wakili Kabid IKP Diskominfo Rohul ohul, Camat Rambah yang di wakili Sekcam, dan petugas medis, pegawai rumah sakit, serta para undangan lainnya.

Dalam acara Forum Konsultasi Publik tersebut merupakan implementasi dari amanat Pasal 38 Ayat 1 Undang-Undang Nomor 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik serta berdasarkan hasil survei kepuasan masyarakat yang mengacu pada Peraturan Menteri PAN RB Nomor 16 Tahun 2016.

Yang bertujuan untuk mengukur tingkat kepuasan masyarakat terhadap pelayanan yang diberikan oleh RSUD Kabupaten Rokan Hulu, sekaligus sebagai bahan evaluasi untuk meningkatkan kualitas pelayanan yang diberikan.

Direktur Utama RSUD Rohul, dr. Zuldi Afki S.Sp, memaparkan visi dan misi RSUD yang berfokus pada peningkatan kualitas pelayanan untuk kepuasan publik.

"Visi kami adalah menjadi rumah sakit yang unggul dalam pelayanan kesehatan di wilayah Rokan Hulu. Misi kami mencakup peningkatan kualitas SDM, penyediaan sarana dan prasarana yang memadai, serta pengembangan sistem pelayanan yang efisien dan efektif," katanya.

Forum Konsultasi Publik (FKP) ini merupakan salah satu program penting yang diadakan oleh RSUD Kabupaten Rokan Hulu untuk menampung aspirasi dan masukan dari masyarakat.

Selama acara berlangsung, peserta diajak untuk berdiskusi dan memberikan masukan terkait pelayanan yang diberikan oleh RSUD. Beberapa topik yang dibahas antara lain adalah kecepatan layanan, ketersediaan obat-obatan, kebersihan lingkungan rumah sakit, dan sikap tenaga medis terhadap pasien.

Menurut hasil survei, sebagian besar responden merasa puas dengan pelayanan yang diberikan, namun ada beberapa catatan penting yang harus diperhatikan oleh pihak rumah sakit. Beberapa responden mengeluhkan lamanya waktu tunggu di poliklinik, serta keterbatasan beberapa jenis obat yang sering habis di apotek rumah sakit.

Menanggapi hasil survei tersebut, Direktur Utama RSUD Kabupaten Rokan Hulu, dr. Zuldi Afki S.Sp, menyatakan bahwa pihak rumah sakit akan segera mengambil langkah-langkah konkret untuk mengatasi berbagai kekurangan yang ada.

"Kami berkomitmen untuk meningkatkan kecepatan dan efisiensi layanan, baik di poliklinik maupun di instalasi gawat darurat. Selain itu, kami juga akan melakukan penambahan stok obat-obatan penting agar tidak terjadi lagi keluhan kekurangan obat," ungkapnya.

Salah satu fokus utama yang akan dilakukan oleh RSUD Kabupaten Rokan Hulu adalah pengembangan infrastruktur dan penerapan teknologi informasi dalam pelayanan kesehatan. Penerapan sistem antrean online dan rekam medis digital diharapkan dapat mengurangi waktu tunggu pasien dan meningkatkan efisiensi pelayanan.

"Teknologi informasi memegang peranan penting dalam modernisasi pelayanan kesehatan. Dengan sistem antrean online, pasien dapat memesan jadwal konsultasi lebih mudah dan cepat. Selain itu, rekam medis digital akan memudahkan tenaga medis dalam memberikan diagnosa dan perawatan yang tepat," jelas dr. Zuldi.

Peningkatan kualitas sumber daya manusia (SDM) juga menjadi prioritas dalam upaya perbaikan pelayanan di RSUD Kabupaten Rokan Hulu. Pihak rumah sakit akan terus mengadakan pelatihan dan workshop untuk meningkatkan keterampilan dan pengetahuan tenaga medis dan non-medis.

"Kami menyadari bahwa tenaga medis yang berkualitas adalah kunci utama dalam memberikan pelayanan yang baik. Oleh karena itu, kami akan terus mendukung program pendidikan dan pelatihan bagi seluruh pegawai rumah sakit," ujar dr. Zuldi.

Selain pelatihan teknis, RSUD Kabupaten Rokan Hulu juga berupaya meningkatkan aspek pelayanan prima dengan menanamkan budaya kerja yang ramah, cepat tanggap, dan profesional. Ini diharapkan dapat meningkatkan kepuasan pasien dan menciptakan lingkungan kerja yang harmonis.

Selama acara FKP, banyak peserta yang memberikan tanggapan positif dan apresiasi terhadap upaya yang dilakukan oleh RSUD Kabupaten Rokan Hulu. Mereka berharap agar berbagai program peningkatan kualitas pelayanan dapat segera direalisasikan dan memberikan manfaat nyata bagi masyarakat.

Forum Konsultasi Publik yang diadakan oleh RSUD Kabupaten Rokan Hulu ini merupakan langkah awal yang penting dalam upaya peningkatan kualitas pelayanan kesehatan. Dengan melibatkan berbagai pihak dan mendengarkan langsung masukan dari masyarakat, diharapkan RSUD Kabupaten Rokan Hulu dapat terus berkembang dan memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh lapisan masyarakat.(fit)




 
Berita Lainnya :
  • DLH Rohul Sosialisasi Peningkatan Peran dalam Pengelolaan Persampahan
  • Anton ST MM Berikan Bantuan Korban Kebakaran
  • Bupati Rohil Apresiasi atas Kinerja Yuliarni Appy Selama Menjad Kejari di Rohil
  • Pemkab Meranti Sambut Baik Kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau
  • Pemkab Meranti Dukung Perencanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 DLH Rohul Sosialisasi Peningkatan Peran dalam Pengelolaan Persampahan
    02 Anton ST MM Berikan Bantuan Korban Kebakaran
    03 Bupati Rohil Apresiasi atas Kinerja Yuliarni Appy Selama Menjad Kejari di Rohil
    04 Pemkab Meranti Sambut Baik Kedatangan Kepala Kejaksaan Tinggi Riau
    05 Pemkab Meranti Dukung Perencanaan Pembangunan Zona Integritas Menuju WBK dan WBBM
    06 Bupati Kuansing Beraudiensi Bersma 360 Tenaga Guru Passing Grade dan 138 Tenaga Kesehatan
    07 Enggan Berikan Tanggapan,DPRD Berjanji Akan Bahas Dugaan Penambahan Dua Paket Proyek PUPR Tubaba
    08 Bupati Sukiman Bersama Pj Gubri Tinjau Korban Kebakaran dan Berikan Bantuan
    09 DPR RI Achmad Berikan Bantuan untuk korban Kebakaran di Desa Langkitin
    10 Bupati Rohil Menghadiri Acara Perpisahan Sekaligus Pengantar Tugas kepada Dr.H.Ali Agar,S.Sos,M.Si
    11 BKAD Meranti Menggelar Kunjungan Kerja dan Studi Tiru Desa Digital di Kementrian DPDTT
    12 Bupati Kuansing Menggelar Pelantikan dan Pengambilan Sumpah Janji serta Penyerahan SK PPPK
    13 Bupati Kuansing Diwakili Pj Sekda Secara Resmi Menutup Festival Pacu Jalur Pangean
    14 Kapus Totomulyo Butuh Dukungan Bantuan Mobil Ambulance
    15 Inspektorat Dalami Adanya Pertimbangan Pertimbangan Khusus PPK dan PA PUPR Tubaba
    16 Kuasa Hukum Andi Nofrianto Keberatan Terhadap Permintaan Ganti Rugi Yang Dianggap Terlalu Prematur
    17 Kabag Hukum Tegaskan Belum Ada Perbup dan SK Bupati Tubaba,Tentang Penambahan Persyaratan
    18 Pj Walikota Pekanbaru Mendampingi Pj Gubernur Riau Meninjau Perbaikan Jalan Rusak
    19 SMP Negeri 7 Teluk Kuantan Diduga Tidak Mengindahkan Permendikbud No 44 Tahun 2012
    20 Wakil Bupati Pelalawan H.Nasarudin.SH.MH Ikuti Wawancara dan Diskusi di DPP PKS
    21 Meranti Hadirkan Sekolah Bagi Para Lansia
    22 Rohul TPS Terbanyak Di Riau, Golkar Percaya Diri Rebut Kursi Ketua DPRD Riau
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA