Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Mulai Salurkan Sembako Pemkab Meranti, Untuk 5.775 Rumah Tangga Miskin dan Terdampak Covid-19
Jumat, 01-05-2020 - 20:31:19 WIB

TERKAIT:
 
  • Mulai Salurkan Sembako Pemkab Meranti, Untuk 5.775 Rumah Tangga Miskin dan Terdampak Covid-19
  •  

    Selatpanjang, Liputanonline.com - Kabar gembira bagi masyarakat kurang mampu dan masyarakat mengalami tekanan ekonomi akibat terdampak Covid-19, karena mulai hari ini Pemkab Meranti mulai menyalurkan Bantuan Sosial berupa paket sembako untuk 5.775 KK warga miskin.

    Penyaluran bantuan ditandai dengan penyerahan paket sembako kepada para Camat oleh Bupati Drs H Irwan MSi dan Wakil Bupati H. Said Hasyim, disaksikan Forkopimda, bertempat di Aula Kantor Bupati Meranti, Jumat (1/5/2020).

    Bupati Irwan mengatakan saat ini Pemkab Meranti mulai melakukan gerakan nyata untuk membantu masyarakat miskin dan terdampak Covid-19 dengan cara memberikan bantuan paket sembako senilai Rp600 ribu.

    Secara rinci bantuan Sembako tersebut berisi beras 28 Kg, gula 3 Kg, minyak goreng 2 liter, telur 1 papan, mie instant 1 dus, sarden 1 kaleng. Nantinya bantuan ini akan diberikan kepada warga miskin dan terdampak Covid-19 sesuai dengan pendataan yang telah dilakukan oleh RT/RW, Kades dan pihak Kecamatan.

    Namun ditegaskan Bupati bantuan ini masih bersifat fleksibel artinya jika masih ditemukan masyarakat miskin atau kurang mampu namun belum terdata untuk menerima bantuan dapat melapor ke Tim Gugus Tugas yang ada di Desa dan Kecamatan untuk dimasukan sebagai penerima bantuan.

    "Karena kita tidak ingin ada masyarakat miskin di Meranti yang tidak dapat bantuan ditengah pandemi Covid-19," tegas Bupati Irwan.

    Lebih jauh disampaikan Bupati, Pemkab Meranti sangat menyadari kemungkinan adanya data warga miskin yang keliru. Misal ada masyarakat tak mampu namun tidak terdata mendapat bantuan begitu juga sebaliknya warga tergolong mampu justru mendapat bantuan.

    Untuk itu ditegaskan Bupati kepada Camat dan Kades untuk terus mengawasi penyaluran bantuan ini jika memang ditemukan kasus diatas maka akan dievaluasi dan bagi yang berhak namun tak terdata akan diberikan bantuan tambahan.

    Bantuan yang diberikan oleh Pemkab. Meranti ini dikatakan Bupati merupakan bantuan untuk warga miskin yang belum tercover dalam bantuan yang berasal dari Pemerintan Pusat seperti yang selama ini berjalan Program Keluarga Harapan (PKH), Bantuan Pangan Non Tunai (BPNT) yang jika ditotal sebesar 600-700 ribu rupiah/bulan.

    Selanjutnya selain bantuan tersebut Pemkab. Meranti juga akan menyalurkan bantuan kedua yang berasal dari Kementerian Sosial yang telah dialokasikan untuk 6733 KK di Meranti dengan rincian 4000-an KK diambil dari Pusat Data Terpadu Kementrian Sosial dan sisanya sekitar 2500-an merupakan usulan dari Pemkab. Meranti.

    "Ini sebuah program bantuan yang dikucurkan untuk membantu turunnya kemampuan ekonomi masyarakat misal para TKI yang sudah tidak bekerja lagi, serta masyarakat pekerja Non Formal yang berpendapatan rendah misal tukang becak, buruh pelabuhan, pelayan kedai kopi dan petani kecil," jelas Bupati.

    Bantuan lainnya yang sudah masuk dalam program Pemerintah Pusat untuk membantu warga terdampak Covid-19 adalah bantuan kartu Pra Kerja yang diperuntukan kepada warga yang belum bekerja dan sudah tidak bekerja lagi. Sejauh ini sejak dilakukan pendaftaran di Dinas Tenaga Kerja Meranti untuk data penerima masih berproses yang pasti jumlahnya sangat signifkan.

    Dan terakhir adalah bantuan dari Pemerintah Provinsi Riau sebesar 300 ribu rupiah/KK, namun menyangkut berapa besar alokasi bantuan ini diakui Bupati Irwan, Pemkab. Meranti belum mendapatkan data final.

    Kemudian, dalam kesempatan itu Bupati Irwan juga memaparkan kemungkinan terjadinya pemotongan anggaran Dana Alokasi Umum, Dana Alokasi Khusus oleh Pemerintah Pusat sebesar 20 persen.

    Hal ini tentunya akan berdampak pada pengelolaan anggaran Pemerintah Daerah dimana akan terjadi rasionalisasi pada belanja pegawai misal Tunjangan, Perjalanan Dinas, Kegiatab Pembangunan dan lainnya. Bupati memprediksi dalam 1-2 Tahun kedepan akan terjadi perlambatan ekonomi di Indonesia tak terkecuali Kabupaten Kepulauan Meranti.

    "Pemulihan ekonomi kemungkinan akan terjadi pada tahun 2022 medatang," jelas Bupati.

    Untuk itu, agar tidak terjadi tekanan ekonomi di masyarakat Bupati menghimbau untuk dilakukan penghematan di segala bidang.

    "Mari kita melakukan penghematan dengan mengurangi semua pengeluaran yang tidak perlu sehingga tekanan ekonomi dapat diminimalisir," ujarnya.

    Terakhir Bupati Irwan menghimbau kepada seluruh masyarakat untuk saling mengawasi dan menjaga dan mengingatkan agar tidak terjadi penyebaran Virus Covid-19 di Kepulauan Meranti yang sejauh ini masih 0 kasus dan berada di Zona Hijau.

    "Mari bersaka kita saling mengingatkan untuk secara disiplin menjalankan protokol kesehatan sesuai dengan arahan pemerintah. Semoga kita semua terlindungi dari Virus Covid-19," harapnya mengakhiri.


    Sumber:
    CAKAPLAH.COM



     
    Berita Lainnya :
  • Luhut Jadi Menteri KKP Ad Interim Gantikan Edhy Prabowo, Ditunjuk Jokowi
  • Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo,Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka
  • OTT Edhy Prabowo Menteri KKP, 13 Fakta yang Dijerat KPK
  • Oknum Anggota Polisi di Siak Diamankan Polresta Pekanbaru, Diduga Terlibat Narkotika
  • Bupati Sidrap Dan Dirut Petrokimia Kayaku Tanam Perdana di BPP Sereang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Luhut Jadi Menteri KKP Ad Interim Gantikan Edhy Prabowo, Ditunjuk Jokowi
    02 Menteri Kelautan dan Perikanan Edhy Prabowo,Ditetapkan KPK Sebagai Tersangka
    03 OTT Edhy Prabowo Menteri KKP, 13 Fakta yang Dijerat KPK
    04 Oknum Anggota Polisi di Siak Diamankan Polresta Pekanbaru, Diduga Terlibat Narkotika
    05 Bupati Sidrap Dan Dirut Petrokimia Kayaku Tanam Perdana di BPP Sereang
    06 Pemkab Sidrap Dan Dinas Perpustakaan Kearsipan Sulsel Adakan Sosialisasi
    07 Baznas Sidrap Salurkan Bantuan Produktif Pemberdayaan Mustahiq
    08 BAZNAS Salurkan Bantuan Modal Kepada Mustahik
    09 Satuan Narkoba Polres Enrekang Menciduk Seorang Pemuda Saat Sedang Nongkrong Di Warkop
    10 Ayat Cahyadi Penuh Inspirasi Bersama PT Pegadaian Pekanbaru
    11 Komit Pemulihan Ekonomi Gelar Wibiner Enrekang
    12 Cegah Stunting, Hj Johra Menekankan Pentingnya Pengasuhan Tumbuh Kembang Balita
    13 FPI Membubarkan Secara Paksa Deklarasi 45, Penyidik Periksa Ketua Dan Anggota FPI Kota Pekanbaru
    14 Ayat Cahyadi Wakil Walikota Pekanbaru,Sampaikan Nota Rancangan APBD 2021,Tekankan Pemulihan Ekonomi
    15 Penilaian Dilakukan Tim Verifikasi KKS 2020, Camat Bukit Raya Apresiasi
    16 Di Serahterimakan Dua TPS3R Di sidrap" Ini Tujuanya..!
    17 LKD Enrekang Raih Juara 2 pada Malam Penganugerahan Kearsipan 2020
    18 M Haris Bupati Pelalawan: Menjadi Keluarga IPK Pelalawan
    19 Ditemukan Mayat Tanpa Identitas Depan Ruko Pondok Jamu di Pekanbaru
    20 HUT Pol Airud Ke- 70, Sat Pol Air Polres Siak Bersihkan Fasilitas Umum Di Tepian Sungai Siak
    21 JPKP ROHIL Datangi Kantor BAZNAS, Terkait Adanya Keluhan Masyarakat Yang Minta Kepastian Bantuan
    22 Kumpulkan Pengiat Ekonomi Kreatif dan Pariwisata Enrekang
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA