Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Advertorial DPRD Rokan Hilir
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Rohil Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke-23
selasa, 04-10-2022 - 15:37:58 WIB
Rapat Paripurna Istimewa DPRD Rohil Dalam Rangka Hari Jadi Kabupaten Rokan Hilir Ke-23
TERKAIT:
   
 

ROHIL, Liputanonline.com - Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) Provinsi Riau, menggelar rapat sidang paripurna istimewa dalam rangka hari jadi Kabupaten Rokan Hilir ke 23 tahun 2022.

Rapat paripurna istimewa digelar diruang rapat utama kantor DPRD Rohil, Jalan lintas Pesisir Sungai Rokan, Bagansiapiapi, Kecamatan Bangko, Rokan Hilir-Riau. Selasa (04/10/2022).

Diawali dengan lagu indonesia raya, dilanjutkan dengan lagu sikapur sirih dan tarian persembahan pada pembukaan rapat Paripurna DPRD Rohil pertanda usia Kabupaten Rokan Hilir telah memasuki usia yang ke 23 tahun.

Rapat paripurna istimewa hari jadi Kabupaten Rohil ke 23 tahun 2022 itu tampak dihadiri langsung oleh Asisten II Pemerintah Provinsi Riau M. Job Kurniawan mewakili Gubernur Riau H. Syamsuar, Kejati Riau di wakili Asisten Kejati Riau Raharjo Budi Kisnanto, Bupati Rohil Afrizal Sintong, Wakil Bupati H.Sulaiman, Ketua DPRD Rohil Maston beserta Wakil ketua I Abdullah, Wakil Ketua II Basiran Nur Efendi, Wakil Ketua III Hamzah serta seluruh anggota DPRD Rohil.

Selain itu juga terpantau media pesisir news acara tersebut tampak dihadiri langsung Kajari Rohil Yuliarni Appy, Kapolres Rohil Andrian Pramudianto, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf M Erfani, Ketua PN Rohil, Ketua PA, Kepala OPD, Forkompinda, Tokoh Ulama, Tokoh Masyarakat, Ketua PKK, Ormas dan ratusan Para tetamu undangan lainnya.

Rapat paripurna istimewa hari jadi Kabupaten Rohil dibuka sekira pukul 10.00 Wib dipimpin langsung oleh Ketua DPRD Rohil Maston didampingi wakil ketua I Abdullah, Wakil Ketua II Basiran, Wakil ketua III Hamzah, Sekwan DPRD Rohil Sarman Syahroni dan kabag persidangan H. Julianda.

Pada kata pembukaan, Maston Ketua DPRD Rohil menyampaikan, Bahwa hari ini Selasa 04 Oktober 2022, lapisan masyarakat dengan penuh sukacita merayakan hari jadi terbentuknya Kabupaten yang dikenal berjuluk "Negeri Seribu Kubah". Ucapnya.

Waktu demi waktu, Lanjut Maston, terus bergulir menambahkan hitungan usia untuk semakin dewasa, demikian halnya dengan Kabupaten Rokan Hilir, seiring perjalanan waktu telah berdiri kokoh diatas pondasi semangat tokoh tokoh pendiri dalam upaya membangun Negeri.

"Kabupaten Rokan Hilir adalah sebuah negeri yang terus berbenah dan bergerak maju, oleh karena itu, hari jadi kabupaten Rokan Hilir semestinya bukanlah semata mata peristiwa mengenang dan berbagi cerita bukan sekedar bergembira atau seremonial belaka, tapi lebih dari itu peristiwa ini hendaklah kita jadikan momentum strategis untuk melakukan kilas balik terhadap derap pembangunan yang telah dilakukan," Kata Maston.

Pada waktu itu dibentuk suatu kepanitiaan yang diketuai oleh Husin Rambah, Wakil Ketua H Junus Nur dan beberapa anggota lainnya, dengan dukungan dari para tokoh Tokoh masyarakat, para cerdik pandai, Alim ulama, Partai politik serta organisasi masa, namun demikian usaha tersebut belum membuahkan hasil dan dalam perjalanannya keinginan untuk membentuk kabupaten Rokan Hilir kembali berlanjut hingga diawal masa reformasi pada Tahun 1999," Sebut Maston.

Pada tanggal 05 Mei Tahun 1999 dengan dukungan dari para tokoh Tokoh dan seluruh lapisan elemen bertugas untuk memperjuangkan dan merumuskan berdiri kabupaten Rokan Hilir yang diketahui Amran Rambah, H. Marzuki HR Sebagai wakil ketua serta para Wakil Wakil Ketua lainnya, sekretaris Ramli Harrofie, Wakil sekretaris Asnur, SE dan lainnya yang tidak dapat kami sebutkan satu-persatu.

Kemudian, Lanjutnya, pada tanggal 11 Mei 1999, untuk memperkuat usaha tersebut diatas," Kelompok kerja pembentukan Kab. Daerah Tingkat ll Rokan Hilir di Pekanbaru" dengan ketua H.Ahmad Syah Harrofie, S.H, Wakil Ketua H. Badar Ali Majid, SM, HK dan lain lain, Sekretaris H.Khaidir Mat Wafa, M.A, Wakil Sekretaris H. Aldini Arifin dan lain lain.

Disamping itu pada 12 Mei 1999 dibentuk juga penghubung komite Perjuangan kabupaten Rokan Hilir Di Bengkalis diketuai oleh H.Ilyas RB.BME, Wakil Ketua H. Tengku Bakar dll, sekretaris Syukri Harto, SE, MSi, Wakil Sekretaris Mustamam SH.

Pada Tanggal 19 Juni Tahun 1999 dilaksanakan Musyawarah Besar (Mubes) pembentukan kabupaten Tingkat ll  Kabupaten Rokan hilir dimasa hasil rumusan dan keputusan Mubes Rokan Hilir akan menjadi dasar dan bahan pertimbangan Pemerintah pusat untuk dijadikan undang undang pembentukan kabupaten Rokan Hilir serta beberapa wilayah kabupaten lainnya di provinsi Riau.

Puncak Perjuangan untuk membentuk kabupaten Rokan Hilir adalah dengan ditetapkan dan disahkanya undang undang nomor 53 Tahun 1999 Tanggal 4 Oktober 1999, dimana kabupaten Rokan Hilir "resmi berdiri" terdiri dari Lima Wilayah Kecamatan yakni, Kubu, Bangko, Tanah Putih, Rimba Melintang, serta Bagan Sinembah.

Hal ini tidak terlepas dari peran penting putra-putra terbaik Riau pada waktu itu antara lain: H.Syarwan Hamid yang menjabat sebagai Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia, H. Shaleh Djasit,SH. Menjabat sebagai Gubernur Riau, H.Fatlah Sulaiman S.H, H. Annas Maamun (Putra Rohil) yang menjabat sebagai Ketua Fraksi Golkar DPRD Kabupaten Bengkalis serta tokoh tokoh lainnya.

Kemudian Tanggal nya undang-undang nomor 53 Tahun 1999 tersebut ditetapkan sebagai hari kelahiran Kabupaten Rokan Hilir dengan peraturan daerah Kab.nomor 02 Tahun 2001.

"Momentum Hari jadi ini hendaknya dapat kita jadikan sebagai sebuah inspirasi dan motivasi untuk mengisi kembali tujuan dan cita-cita Serta sebagai ungkapan terima kasih kepada tokoh Tokoh pendiri daerah ini dan tidak melupakan sejarah dengan terus berkarya dan berprestasi, bekerja cerdas demi meraih cita cita dan harapan akan masa depan yang lebih baik guna mewujudkan Rokan Hilir yang maju,mampu bersaing dengan daerah lainnya dalam mewujudkan kesejahteraan masyarakat," Ucapnya.

Walaupun telah banyak kemajuan dan keberhasilan yang kita peroleh berkat sinergi antara eksekutif dan legislatif serta dukungan dari seluruh lapisan masyarakat Rokan Hilir tidak membuat kita cepat berpuas diri masih banyak yang perlu dibenahi, bekerja lebih keras untuk menuntaskan pembangunan, kita jadikan keberhasilan tersebut sebagai energi positif dan dasar berpijak untuk menghadapi tantangan dinamika pembangunan dalam meraih kejayaan saat ini maupun dimasa yang akan datang.

"Untuk mencapai semua itu tentunya haruslah dibingkai dalam keselarasan
Mengeban amanah yang telah dititipkan untuk tujuan kemakmuran dan kenyamanan masyarakat,"Tutupnya. (Adv).




 
Berita Lainnya :
  • Merasa Mendapat Perlakuan Tidak Menyenangkan Dari Oknum Pegawas SPBU, Fathul Muin Bawa Kasus Ke Rana
  • Mulai Produktif, Kebun Karet Milik Pemda Kuansing Kini Menjadi Sumber PAD Sebesar Rp 40 Juta Per Bul
  • Bupati Kuansing Menghadiri dan Membuka Secara Resmi Festival Pacu Jalur Benai
  • Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Malam Puncak Peringatan HPN Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024
  • Sekdako Pekanbaru Menghadiri Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Merasa Mendapat Perlakuan Tidak Menyenangkan Dari Oknum Pegawas SPBU, Fathul Muin Bawa Kasus Ke Rana
    02 Mulai Produktif, Kebun Karet Milik Pemda Kuansing Kini Menjadi Sumber PAD Sebesar Rp 40 Juta Per Bul
    03 Bupati Kuansing Menghadiri dan Membuka Secara Resmi Festival Pacu Jalur Benai
    04 Bupati Kuansing Menghadiri Kegiatan Malam Puncak Peringatan HPN Tingkat Provinsi Riau Tahun 2024
    05 Sekdako Pekanbaru Menghadiri Pencanangan Gerakan Pembagian Bendera Merah Putih
    06 Pembunuh Wartawan Sempurna Pasaribu Sekeluarga, 3 Tersangka Perankan 57 Adegan Rekonstruksi
    07
    08
    09
    10 Bupati Meranti Membuka MTQ ke-XXIV Tingkat Kecamatan Rangsang
    11 Bupati Meranti Membuka MTQ ke-XV Kecamatan Merbau
    12 Sekda Rohil Menghadiri Acara Pelepasan Tugas Kapolres Rohil
    13 Sekda Rohil Secara Resmi Membuka Konsultasi Publik II Penyusunan KLHS dan RPJPD Tahun 2025-2045
    14 Pemkab Meranti Menerima Tiga Penghargaan dalam Peringatan Puncak Harganas Ke-31 Provinsi Riau
    15 Pemko Pekanbaru Ajak Warga untuk Menyukseskan PIN Polio
    16 Pemko Pekanbaru Akan Terus Melakukan GPM
    17 Inginkan Proses Dan Hasil Pemilu Jujur, Bawaslu Riau Awasi Langsung Perhitungan Suara Di Rohul
    18 Akan Hadir Jalan Tol Baru Di Pekanbaru
    19 Pemko Ingin Agar Pasar Induk Pekanbaru Cepat Beroperasi
    20 Hari Pers Nasional Se-Kuansing:Bimtek Pers Bertanggung Jawab,Negeri Bermartabat
    21 Diskes Rohil Menggelar Rapat Koordinasi Lintas Sektor Advokasi dan Sosialisasi Pelaksanaan PIN
    22 Bappeda Rohil Menggelar Rapat Evaluasi Serentak Hasil Pencegahan Stunting Tahun 2024
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA