Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Polsek Benai Kembali Musnahkan Rakit PETI di Sungai Kuantan
Rabu, 29-09-2021 - 19:28:01 WIB
Polsek Benai Kembali Musnahkan Rakit PETI di Sungai Kuantan
TERKAIT:
 
  • Polsek Benai Kembali Musnahkan Rakit PETI di Sungai Kuantan
  •  

    Kuansing, LIPUTANONLINE.com - Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH memimpin langsung operasi penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI), Rabu (29/09/2021) siang di wilayah Desa Pulau Tongah Kecamatan Benai Kabupaten Kuantan Singingi (Kuansing), Riau.

    Meski sudah berulang kali dilakukan penertiban terhadap aktifitas PETI di wilayah hukum Polsek Benai Jajaran Polres Kuansing, namun para pelaku tampak tak kunjung jerah.

    Pada operasi penertiban PETI sebelumnya, Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH sudah memberikan peringatan tegas, terhadap para pelaku penambangan emas secara ilegal tersebut.

    Namun kali ini, kembali di ketahui pihak Polsek Benai dan Jajaran, terkait adanya aktifitas PETI yang masih aktif dilakukan secara sembunyi-sembunyi atau mencuri-curi dari patroli petugas kepolisian di wilayah tersebut.

    Kali ini Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH kembali menggelar patroli dan menertibkan serta menindak langsung aktifitas PETI bersama Camat Benai Okstaria Dwi Agustin SIP MSi yang diwakili Kasi Trantib Hendri Putra Utama, didampingi Kanit Provos Aipda Ade Irwandi, Kasi Umum Aipda Boby Adriyandi, Unit Sabhara Bripka Robi Candra dan Bhabinkamtibmas Brigadir Auzar.

    Kapolres Kuansing AKBP Rendra Oktha Dinata SIK MSi melalui Kapolsek Benai Iptu Donal Jonson Tambunan SH membenarkan adanya hal tersebut kepada awak media pada Rabu (29/09/2021) siang di Benai.

    "Operasi ini berdasarkan dari pantauan dan kegiatan Patroli Polsek Benai di sepanjang aliran Sungai Kuantan wilkum Polsek Benai, tepatnya di Desa Pulau Tongah Kecamatan Benai," kata Kapolsek.

    Kegiatan ini, sambung Kapolsek, juga merupakan sebagai tindak lanjut dari warga yang sudah resah akibat keberadaan rakit-rakit PETI di sepanjang aliran Sungai Kuantan yang berada di wilkum Polsek Benai.

    "Saat berpatroli dalam memantau keberadaan kegiatan PETI, petugas menemukan adanya aktifitas penambangan emas ilegal yang sudah meresahkan masyarakat yang telah merusak ekosistem sungai selama ini," ujar Kapolsek Iptu DJ Tambunan.

    Dalam operasi yang dipimpin langsung Kapolsek Benai, petugas menemukan sebanyak 2 (dua) unit rakit PETI yang tidak beroperasi dan di tinggal oleh pemiliknya saat mengetahui kedatangan personil Polsek Benai ke lokasi tersebut.

    Personil gabungan Polsek Benai dengan Pemerintah Kecamatan Benai yang menemukan adanya 2 (dua) unit rakit PETI tersebut, langsung melakukan penindakan dengan cara menjangkau rakit yang ditambatkan di tengah Sungai Kuantan oleh para pelaku.

    "Personil Gabungan langsung melakukan penindakan dengan cara menjangkau rakit yang ditambatkan di tengah sungai dengan menggunakan sampan, setelah berhasil ditarik ke pinggir atau tepi sungai, petugas langsung merusak peralatan  PETI  tersebut agar tidak dapat di pakai lagi  oleh pelaku," tegas Iptu DJ Tambunan.

    "Melakukan pengrusakan dan pembakaran 1 (satu) unit rakit dompeng agar tidak dapat digunakan atau beroperasi lagi, dan terhadap 1 rakit lagi tidak dapat dijangkau dan akan ditindak lanjuti dengan memaksimalkan kegiatan penertiban pelaku PETI selanjutnya," tambah Kapolsek.

    Tak bosan-bosannya, Kapolsek Benai berpangkat Inspektur Polisi Satu itu selalu memberikan himbauan kepada masyarakat sekitar tentang larangan aktifitas PETI di sepanjang aliran Sungai Kuantan wilkum Polsek Benai, ucap DJ Tambunan.

    Kegiatan yang dilaksanakan sejak pukul 10.00 WIB itu, selesai hingga pukul 12.00 WIB. "Selama kegiatan berlangsung berjalan dengan aman, lancar dan terkendali," jelas Kapolsek.

    Sementara itu Camat Benai Okstaria Dwi Agustin SIP MSi diwakili Kasi Trantib Hendri Putra Utama menghimbau kepada seluruh lapisan masyarakat untuk bersama-sama peduli terhadap lingkungan dan Sungai Kuantan untuk terbebas dari Penambangan Emas Tanpa Izin (PETI).

    "Kita berharap kepada seluruh masyarakat, baik itu para tokoh, ninik mamak dan juga para Kepala Desa se Kecamatan Benai, untuk memberikan himbauan kepada anak cucu kemenakan agar tidak lagi melakukan aktifitas PETI, terutama di aliran Sungai Batang Kuantan," ucap Kasi Trantib.

    Sebab, kata Kasi Trantib, Sungai Kuantan selama ini merupakan salah satu sumber kehidupan, yaitu air sungai yang dulu bisa dipergunakan untuk kebutuhan baik itu mandi maupun air minum sebelum adanya PETI di aliran Sungai Kuantan.

    "Namun sekarang, air di Sungai Kuantan sudah tidak bisa lagi di nikmati atau di konsumsi oleh masyarakat, akibat sudah tercemarnya dengan kandungan air raksa dan benda benda berbahaya lainnya, yang ditimbulkan oleh PETI tersebut," ujarnya.(**/Zul)




     
    Berita Lainnya :
  • Polres Sidrap Dengan PT. Bank Mandiri Penandatanganan MOU
  • Polres Sidrap Jemput Bola Percepat Program Vaksinasi
  • Ketum LSM PEPARA RI Menuding Fisik Pekerjaan Gedung Qur'an Center Riau dan Gedung Riau HUB Diragukan
  • Kajari Minta ASN di Kuansing Jaga Integritas Diri
  • Rapat Musrembang Tahun 2022 Di Aula Kantor Kelurahan Kanyuara
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polres Sidrap Dengan PT. Bank Mandiri Penandatanganan MOU
    02 Polres Sidrap Jemput Bola Percepat Program Vaksinasi
    03 Ketum LSM PEPARA RI Menuding Fisik Pekerjaan Gedung Qur'an Center Riau dan Gedung Riau HUB Diragukan
    04 Kajari Minta ASN di Kuansing Jaga Integritas Diri
    05 Rapat Musrembang Tahun 2022 Di Aula Kantor Kelurahan Kanyuara
    06 Wako Ahmadi Promosikan Produk Unggulan Sungai Penuh Kepada 3 Menteri
    07 Diduga Kades Sako Dua Berhentikan Perangkat Desa Secara Sepihak,Kantor Desa Sepi Tanpa Penghuni
    08 Gelar MTA Tahunan, Toni Gunawan AR di Percaya Pimpin IPRY Periode 2021-2022
    09 Gubernur Jambi KUKER Kabupaten Kerinci, Sempatkan Diri Kunjungi Koperasi Alko
    10 Kodim 1420 Sidrap Gelar Upacara Bendera Perdana Tahun 2022
    11 Plt Bupati Suhardiman Amby Berharap Masyarakat Bersatu Dukung Program Pembangunan Daerah
    12 Eyang Surachmat:Berharap Misuri Dapat Bersinergi Dengan Paguyuban Yang Ada Dikota Pekanbaru
    13 Bupati dan Wakil Hadiri Acara Pisah Sambut Kapolres Pelalawan
    14 Talkshow di Mall SKA,"Azhar Komit Lakukan Promosi Kampung Batik
    15 Bayar 75 Juta, Kasus Viral Tragedi Pajak Gambir Berakhir Damai Tanpa Proses Hukum
    16 Memutus Mata Rantai Covid-19,Bersinergi Dengan TNI,Brimob Polda Riau Gelar Vaksinasi Massal
    17 Karyawan Swasta Edarkan Shabu, Ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Kuansing
    18 Bupati Pelalawan Terima Kunjungan AKBP Guntur Muhammad Tariq  
    19 HUT Satpam Ke-41, Kapolres Kuansing Beri Penghargaan Kepada Satpam Perusahaan Berprestasi
    20 Cek Kesiapan Operasional, Itwasda Polda Sulsel Kunjungi Polres Sidrap
    21 Azhar Paparkan permasalahan UMKM di acara Gathering Ekosistem Desa 2022
    22 PMII Cabang Rohil Kecam Keras LSM dan Wartawan Pengganggu
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA