Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Hadiri Apel Kesiapsiagaan Karhutla, Bupati : Mari Cegah Dari Pada Padamkan
Selasa, 10-03-2020 - 22:00:28 WIB

TERKAIT:
   
 

Rokan Hulu, Liputanonline.com - Sebagai bentuk komitmen Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hulu (Rohul) untuk  mencegah dan meminimalisir dampak Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla), beberapa bulan terakhir Bupati Rohul H. Sukiman terus intens mengikuti Rakornas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) di Bogor dan Rakorda ditingkat  Provinsi dalam rangka penanggulangan bencana Karhutla 2020, Senin (09/03/2020).

Giat yang di hadiri Gubernur Riau H. Syamsuar, Wagubri H. Edy Natar Nasution, Danrem 031/WB, Kapolda Riau Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi, Danlanal Dumai Kolonel Laut (P) Wahyu Dili Yudha Hadianto, Kapolres, Dandim, Kepala BPBD Riau Edwar Sanger, Unsur TNI/Polri dan Kepala BPBD se Riau.

Bupati Rohul H. Sukiman, turut menghadiri Pertemuan dengan Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo, di Ruang Melati Lantai III Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru. Sehingga point-point dan instruksi penting dari Rakor Karhutla bisa itu diimplementasikan oleh Pemkab Rohul, dengan harapan Negeri Seribu Suluk masih tetap zero hot spot.

Dikegiatan itu, Gubernur Riau H. Syamsuar yang juga sebagai Dansatgas Karhutla Provinsi Riau ini mengaku Provinsi Riau pada tahun 2020 ini berdasarkan informasi dari BMKG akan mengalami musim panas yang cukup panjang.

“Akan ada 2 kali mengalami musim panas, hal ini akan sangat berpengaruh terjadinya Karhutla. Sebagai Gubernur Riau saya mengajak seluruh Bupati/Walikota, aparatur daerah sampai dengan Lurah/Desa dan Instansi terkait untuk bersama-sama memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang kebakaran hutan terutama dalam membuka lahan,” kata Gubri Syamsuar

Kepada para Bupati/Walikota, Gubri Syamsuar menekankan terhadap Perizinan pembukaan lahan baru, agar tidak terjadi konflik antara masyarakat dan perusahaan maupun pemerintah daerah," Ujar Gubri Syamsuar saat membuka acara Pertemuan dengan BNPB Letjend TNI Doni Monardo dan Bupati/Walikota.

Sementara itu, Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo memberikan paparan tentang Karhutla, di mulai dari wilayah atau Provinsi yang sangat rentan terhadap terjadinya Karhutla, kerugian akibat Karhutla yang dtimbulkan tidak hanya kerugian lahan juga kerugian dana yang dikeluarkan untuk memadamkan Karhutla tersebut.

"Provinsi Riau dengan luas lahan Gambut nomor 3 terluas setelah Papua dan Kalimantan Tengah sangat rentan terhadap Karhutla, oleh karena itu apabila terjadi api sangat gampang merambat dan susah di padamkan. Karhutla terjadi karena 99 % merupakan ulah manusia. Baik itu disengaja maupun karena kelalaian,” katanya

Melalui pertemuan dengan Gubernur, Bupati/Walikota dan seluruh stakeholder terkait, Doni Monardo tak henti-hentinya mengajak kepada Pemerintah Daerah, masyarakat, Ormas dan perusahaan agar bersama-sama TNI dan Polri untuk mencegah Karhutla.

Usai melakukan pertemuan dan Apel Kesiapsiagaan Karhutla dengan Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo, Bupati Rohul H. Sukiman saat dikonfirmasi Media Center Diskominfo Rohul, Senin (9/3/2020) mengaku sangat menyambut baik pertemuan dengan Kepala BNPB dan Gubri ini, karena dari pertemuan ini sebagai sarana koordinasi pencegahan dan penanggulangan bencana dengan seluruh pemangku kepentingan.

“Kita sangat menyambut baik pertemuan ini, kita bersyukur kepada tuhan yang maha kuasa, selama beberapa bulan terakhir kita masih zero hor spot. Alhamdulillah setiap saya turun ke Desa-Desa, saya selalu menghimbau kepada Camat, Kepala Desa dan masyarakat untuk bisa mencegah karhutla, karena mencegah lebih baik dari pada memadamkan, pencegahan diutamakan setiap saat,” kata Sukiman

Untuk mencegah terjadinya Karhutla di Rohul, Mantan Dandim Inhil ini mengaku telah meneken Surat Edaran kepada Camat dan desa-desa untuk memberikan edukasi dan pencerahan kepada masyarakat, agar tidak membuka lahan dengan cara membakar.

Terkait usulan dari Kepala BNPB untuk mengalokasikan Dana Desa untuk Penanggulangan Karhutla di Desa-desa, Bupati Sukiman mengaku akan berkoordinasi dengan Kabag Hukum dan instansi terkait dan menyesuaikan kemampuan keuangan, jika hal tersebut tidak menabrak aturan, bukan tidak mungkin bisa dialokasikan melalui Dana Desa.

“Terkait hal itu, kita akan berkoordinasi dengan Bagian Hukum atau instansi terkait, sesuai kemampuan dana yang ada, kalau memang bisa kita buat dasar hukumnya dalam bentuk Peraturan Bupati (Perbup) sebagai payung hukum untuk Kepala Desa,” kata Sukiman

Terkait Instruksi Presiden (Inpres) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Penanggulangan Kebakaran Hutan dan Lahan, Bupati sebagai Komandan Satuan Tugas Karhutla di Daerahnya, Bupati Sukiman mengaku akan jalin sinergitas dan kolaborasi dengan penyelenggara penanggulangan bencana antara Pemkab, Kapolres, Dandim, Perusahaan dan masyarakat.

"Jadi dengan adanya Pertemuan dan Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Karhutla dengan Kepala BNPB ini tentu kami berharap sinergitas Pemkab, TNI-Polri, Perusahaan dan masyarakat dapat terjalin dengan baik, sehingga pencegahan dan penanganan Bencana dapat dilakukan secara maksimal,"harapnya.

Usai mengikuti Pertemuan dengan Kepala BNPB, Bupati Rohul H. Sukiman juga mengikuti Apel Kesiapsiagaan Penanggulangan Bencana Kebakaran Hutan dan Lahan tingkat Provinsi Riau 2020, yang dipimpin langsung oleh Kepala BNPB Letjend TNI Doni Monardo, dihalaman Kantor Gubernur Riau, Pekanbaru.(Red)



 
Berita Lainnya :
  • Polsek Kuantan Mudik Tangkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak Dibawah Umur
  • Polres Kuansing Lakukan Patroli Blue Light, Pengetatan dan Edukasi Prokes Covid-19
  • Kenal Pamit Kapolsek Logas Tanah Darat AKP Baretta Nainggolan di Warnai Rasa Haru
  • Kapolres Kuansing Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolsek Logas
  • Pengusaha Asli Berdarah Kuansing Sukses Diperantauan,Bertekad Memajukan Tanah Kelahiran
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Kuantan Mudik Tangkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak Dibawah Umur
    02 Polres Kuansing Lakukan Patroli Blue Light, Pengetatan dan Edukasi Prokes Covid-19
    03 Kenal Pamit Kapolsek Logas Tanah Darat AKP Baretta Nainggolan di Warnai Rasa Haru
    04 Kapolres Kuansing Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolsek Logas
    05 Pengusaha Asli Berdarah Kuansing Sukses Diperantauan,Bertekad Memajukan Tanah Kelahiran
    06 Satres Narkoba Polres Kuansing Amankan Pengedar Shabu di Desa Munsalo Kopah Kuansing
    07 Ketua Umum IMAH-FAMILY;Hadiri Undangan Syukuran Penempatan Rumah Baru Orani Halawa,SH
    08 Kasat Reskrim Polres Kuansing Respon Cepat,Infomasi Permainan Menyebabkan Penyakit Masyarakat
    09 Forkopimda Kabupaten Kuansing Ikuti Pembukaan Pacu Jalur Rayon I di Kec.Kuantan Mudik
    10 Tarmanto Kades Sungai Tanduk Hibahkan Tanah Untuk Lokasi Gedung Olahraga
    11 Permainan Judi Tebak Angka;Zubirman,Pertanyakan Komitmen APH Perjudian di Kuansing
    12 Kabur Selama 6 Bulan,Pelaku NP Tertangkap Oleh Satreskrim Polres Kuansing di Muaro Bungo Jambi
    13 Jembatan Darurat Sungai Neri Ancam Keselamatan Warga
    14 Kasatreskrim,Parkir Pasar Malam Harus Sesuai Dengan Tarif yang Sudah di Tetapkan Pemkab Kuansing
    15 Keluarga Besar Luhak Agam Adakan Tabliq Akbar dan Penyerahan Santunan Anak Yatim dan Duafa
    16 Cak Mus Resmi Kantongi SK PKB Kuansing
    17 Sempena HUT Polwan Ke-74 Tahun 2022,Polwan Polres Kuansing Laksanakan Kegiatan Bakti Sosial
    18 Biro Logistik Polda Riau Melakukan Supervisi Bidang Logistik di Polres Kuansing
    19 Satlantas Polres Kuansing Lakukan Patroli Blue Light,Menciptakan Kondisi Aman Pengguna Jalan Raya
    20 Ibu Latifah Warga Kurang Mampu,Ucapkan Terima Kasih Kepada Polisi Saat Menerima Sedekah Jumat
    21 Pacu Jalur Uji Coba Usai, 5 Piako Dapat Pujian
    22 Pengedara Motor Beet Seruduk Mobil Pick Up L 300
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA