Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
IKN Kabupaten Pelalawan Dan Tim Relawan Zonasi Hadiri Open House Di Rumdis Bupati Zukri
Sabtu, 15-05-2021 - 10:50:16 WIB
IKN Kabupaten Pelalawan Dan Tim Relawan Zonasi Hadiri Open House Di Rumdis Bupati Zukri
TERKAIT:
   
 

PELALAWAN, Liputanonline.com - Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, SE menggelar Openhouse terbatas di Rumah Dinas Bupati Kabupaten Pelalawan, Jumat (14/05/2021). Acara Open House terbatas itu, dilaksanakan dengan penuh penerapan Protokol Kesehatan Covid-19.Yang di hadiri Open house terbatas Bupati H.Zukri ini,Praeses Resort 60 Pdt.Martinus Gulo,S.Th, Pdt. Jemaat BNKP Efrata Pkl Kerinci Eforius Waruwu,S.Th, Ketua DPP Ikatan Keluarga Nias Pelalawan Drs. Sozifao Hia, M.Si yang juga sebagai Ketua Fraksi PDIP DPRD kabupaten Pelalawan.

Juga Ketua Relawan Zonasi Samazasa Ndruru, Bendum IKN Pelalawan Sokhiatulo Laia, Ketua Cabang IKN Pkl Kerinci Romanus Telaumbanua, Ketua DPD IKNR Pelalawan Yulianus Halawa, Sekum IKN Pelalawan Drs. Firman Zalukhu, S.Pd, Sekretaris Relawan Ononiha Zonasi Filisona Zai, SE, Bendahara Relawan Zonasi Yamosi Laia, SE, Ketua GWI Pelalawan Hadapi Baik Hulu, Ketua LBH MKRN Eprisman Arianjaya Ndruru, SH, Advokasi MKRN Sadarman Laia, SH., MH dan Pdt. Betel Harefa, S.Th yang juga sebagai Ketua DPD ONUR Pelalawan dan Pdt. Maranatha Laoli, S.Th.

Bupati Pelalawan H. Zukri Misran, SE didampingi Ketua DPC PDIP yang juga sebagai Wakil Ketua 1 DPRD Pelalawan H.Syahfrizal, SE, Ketua Fraksi PDIP Drs. Sozifao Hia, M.Si, Anggota DPRD Pelalawan dari Fraksi PDIP Carles, S.Sos menyambut Tokoh-tokoh Ononiha atau Tokoh masyarakat Pelalawan Asal Nias dengan rasa keakraban dan kekeluargaan.

Dalam kesempatan itu,  Bupati H. Zukri berdialog santai, sesekali ketawa terbahak dengan Tokoh-tokoh Ononiha.
Mantan Wakil Ketua DPRD Provinsi Riau ini langsung merespon beberapa usulan masyarakat Pelalawan asal Nias yang disampaikan melalui Tim Relawan Zonasi dari Organisasi paguyuban IKN Pelalawan ini yang disampaikan kepada Bupati Zukri.

Usul tersebut, terkait 1.Masalah kemudahan Identitas 2.Ambulance
Program 3.Rumah bagi masyarakat kurang mampu
4.Gedung Pertemuan Ononiha
5.Tenaga kerja di Pemda maupun di perusahaan Swasta.

Samazasa memaparkan bahwa "suku Nias merupakan salah satu suku yang ada di Indonesia dan mendiami daratan Kepulauan Nias di sebelah Barat Pulau Sumatera. Akan tetapi, dengan perkembangan penduduk yang begitu pesat dan terjadinya perpindahan penduduk dari desa/kota atau ke daerah lain di provinsi yang ada di Indonesia, maka persebaran orang Nias terjadi sedemikian rupa dan mendiami wilayah-wilayah tertentu karena faktor pekerjaan dan mencari nafkah untuk kelangsungan hidup bersinambungan", tandasnya.

Diterangkan Samazasa Ndruru lagi bahwa salah satu kabupaten persebaran Ononiha adalah Kabupaten Pelalawan dihuni hampir kurang lebih 40.000 jiwa yang tersebar di 12 kecamatan yang ada di Kabupaten Pelalawan. Sesuai dengan data yang ada di organisasi Ikatan Keluarga Nias (IKN)dan juga statistik Resort-60 BNKP.

Aktivitas masyarakat Pelalawan Asal Nias yang tersebar di daerah ini, ada yang bekerja di sektor, seperti perkebunan Kelapa Sawit, perkebunan Akasia, Pedagang, bekerja di sektor jasa, LSM, Pers, Pegawai Negeri Sipil (PNS), Guru, TNI, Aparat Kepolisian, Arsitek, Lembaga Bantuan Hukum (LBH) dan Advokat, Buruh kasar dan lain-lain. Keberadaannya di daerah ini sudah membaur dengan masyarakat Pelalawan asli suku Melayu, dan masyarakat Pelalawan dari suku lainnya seperti Padang, Batak, Jawa, Aceh, Tionghoa, Menado, Ambon, Papua, Bugis dan sebagainya.

Paguyuban Ikatan Keluarga Nias (IKN) sebagai ormas yang ada di Kabupaten Pelalawan ini, memiliki beberapa kekuatan, yaitu: Memiliki warga masyarakat Pelalawan asal Nias berjumlah 40.000 jiwa. Diantaranya memiliki pengurus Ikatan Keluarga Nias yang kuat dan solid, serta memiliki 15 cabang Ikatan Keluarga Nias se-kabupaten Pelalawan. Juga memiliki tokoh adat yang punya kapasitas di bidang Adat dan Budaya, berkekuatan mengikat serta dipatuhi oleh masyarakat di arasnya.
Kemudian di IKN memiliki sanggar budaya dengan nama "Sanggar Fahasara Dodo".
Dengan kondisi dan permasalahan ini pak Bupati, lanjut Samazasa, tentu dalam mewujudkan berbagai program untuk Pelalawan Maju dan masyarakatnya sejahtera ke depan, sesuai dengan Visi-Misi bupati yang sudah disosialisasikan selama ini, maka kami melalui Tim Relawan Zonasi mengusulkan beberapa hal ini, sebagai kebutuhan prioritas untuk kalangan masyarakat Pelalawan asal Nias", terangnya.

Samazasa mengakui bahwa pada Pilkada tahun 2020 tidak 100% Ono Niha menyatukan suara untuk Zukri-Nasar, akan tetapi pada Pilkada mendatang akan dimaksimalkan.

"Memang tidak seratus persen, tetapi pada Pilkada mendatang akan kita gerakkan sepenuhnya secara solid untuk satu suara," pungkasnya.

Bupati Kabupaten Pelalawan, H. Zukri Misran, SE yang mendengarkan beberapa poin usulan tersebut, langsung merespon hal itu.

"Kepemimpinan saya yang dihantarkan masyarakat Pelalawan pada Pilkada 2020 lalu  menjadi Bupati Pelalawan, tentunya keberhasilan ini bukan dinikmati secara peribadi. Ini harus dinikmati secara bersama-sama seluruh masyarakat kabupaten Pelalawan, termasuk suku Nias (Ononiha)", ungkap Zukri dengan nada khasnya (menyebut Ononiha).

Terkait beberapa keluhan tersebut, seperti identitas penduduk dari masyarakat Pelalawan asal Nias, Zukri menegaskan bahwa akan secepatnya mengambil tindakan.

"Mengenai permasalahan Identitas, pada bulan 6 ke depan akan di mulai pendataan penduduk oleh tim dari pemerintah dengan cara berkeliling ke daerah-daerah," ujar Zukri.

Perihal pengadaan Ambulance, Bupati mengutarakan bahwa akan dilaksanakan pada akhir tahun ini. Disesuaikan dengan APBDP (Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah Perubahan). Kita usahakan paling lambat pada tahun depan, menyusul solusi atau jawaban usulan lainnya", tandasnya.***

Penulis: F. ZALUKHU




 
Berita Lainnya :
  • Polsek Kuantan Mudik Tangkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak Dibawah Umur
  • Polres Kuansing Lakukan Patroli Blue Light, Pengetatan dan Edukasi Prokes Covid-19
  • Kenal Pamit Kapolsek Logas Tanah Darat AKP Baretta Nainggolan di Warnai Rasa Haru
  • Kapolres Kuansing Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolsek Logas
  • Pengusaha Asli Berdarah Kuansing Sukses Diperantauan,Bertekad Memajukan Tanah Kelahiran
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Kuantan Mudik Tangkap Pelaku Pencabulan Terhadap Anak Dibawah Umur
    02 Polres Kuansing Lakukan Patroli Blue Light, Pengetatan dan Edukasi Prokes Covid-19
    03 Kenal Pamit Kapolsek Logas Tanah Darat AKP Baretta Nainggolan di Warnai Rasa Haru
    04 Kapolres Kuansing Pimpin Upacara Serah Terima Jabatan Kapolsek Logas
    05 Pengusaha Asli Berdarah Kuansing Sukses Diperantauan,Bertekad Memajukan Tanah Kelahiran
    06 Satres Narkoba Polres Kuansing Amankan Pengedar Shabu di Desa Munsalo Kopah Kuansing
    07 Ketua Umum IMAH-FAMILY;Hadiri Undangan Syukuran Penempatan Rumah Baru Orani Halawa,SH
    08 Kasat Reskrim Polres Kuansing Respon Cepat,Infomasi Permainan Menyebabkan Penyakit Masyarakat
    09 Forkopimda Kabupaten Kuansing Ikuti Pembukaan Pacu Jalur Rayon I di Kec.Kuantan Mudik
    10 Tarmanto Kades Sungai Tanduk Hibahkan Tanah Untuk Lokasi Gedung Olahraga
    11 Permainan Judi Tebak Angka;Zubirman,Pertanyakan Komitmen APH Perjudian di Kuansing
    12 Kabur Selama 6 Bulan,Pelaku NP Tertangkap Oleh Satreskrim Polres Kuansing di Muaro Bungo Jambi
    13 Jembatan Darurat Sungai Neri Ancam Keselamatan Warga
    14 Kasatreskrim,Parkir Pasar Malam Harus Sesuai Dengan Tarif yang Sudah di Tetapkan Pemkab Kuansing
    15 Keluarga Besar Luhak Agam Adakan Tabliq Akbar dan Penyerahan Santunan Anak Yatim dan Duafa
    16 Cak Mus Resmi Kantongi SK PKB Kuansing
    17 Sempena HUT Polwan Ke-74 Tahun 2022,Polwan Polres Kuansing Laksanakan Kegiatan Bakti Sosial
    18 Biro Logistik Polda Riau Melakukan Supervisi Bidang Logistik di Polres Kuansing
    19 Satlantas Polres Kuansing Lakukan Patroli Blue Light,Menciptakan Kondisi Aman Pengguna Jalan Raya
    20 Ibu Latifah Warga Kurang Mampu,Ucapkan Terima Kasih Kepada Polisi Saat Menerima Sedekah Jumat
    21 Pacu Jalur Uji Coba Usai, 5 Piako Dapat Pujian
    22 Pengedara Motor Beet Seruduk Mobil Pick Up L 300
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA