Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Menyambut Bulan Ramadhan 1442 H,Potang Mogang Balimau Kasai di Langgam Kembali Dilaksanakan
Minggu, 11-04-2021 - 23:31:38 WIB
Dalam Rangka Menyambut Bulan Ramadhan 1442 H, Potang Mogang Balimau Kasai di Langgam Kembali Dilaksanakan
TERKAIT:
 
  • Menyambut Bulan Ramadhan 1442 H,Potang Mogang Balimau Kasai di Langgam Kembali Dilaksanakan
  •  

    PELALAWAN, Liputanonline.com - Tradisi Mandi Balimau Kasai Potang Mogang adalah salah satu tradisi masyarakat Langgam saat menyambut bulan suci ramadhan, tradisi ini dilaksanakan 4 hari sebelum bulan ramadhan.

    Mandi balimau sendiri bermakna mandi dengan menggunakan air yang dicampur jeruk serta wewangian, kasai adalah salah satu bahan yang dicampurkan didalam air pemandian yang terbuat dari campuran beras,kunyit,daun serai dan daun jeruk purut. sedangkan potang mogang adalah menjelang petang.Rangkaian acara yang dilakukan antara lain bersih-bersih makam dan ziarah bersama,upacara tonggak tonggol,tonggol sendiri memiliki arti bendera atau lambang kemerdekaan suku besar di kelurahan Langgam.

    Tujuan dari tradisi mandi balimau kasai potang mogang ini pertama untuk membersihkan diri menyambut bulan suci ramadhan, kedua tradisi ini bertujuan untuk berkumpul dan bersilaturahim bersama masyarakat, teman, keluarga dan sebagainya.

    Covid-19 yang terjadi pada tahun 2020 setahun yang lalu menyebabkan  tertundanya pelaksanaan balimau kasai saat itu, karena pandemi yang melanda dunia mengharuskan dan mewajibkan semua pihak lapisan masyarakat dunia untuk tidak melakukan aktivitas kerumunan.

    Pada tahun ini ramadhan 1442 H/2021 M, mandi balimau kasai potang mogang kembali di laksanakan dengan menerapkan protokol kesehatan yang ketat yakni dengan menggunakan masker,mencuci tangan, menjaga jarak dan membatasi kerumunan yang berkumpul saat dilaksanakan kegiatan adat istiadat yang rutin dilaksanakan oleh masyarakat kecamatan Langgam kabupaten Pelalawan propinsi Riau.Bertempat di Kecamatan Langgam tepatnya di Lapangan Balai Anjungan Tepian Ranah Tanjung Bunga Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan pada Sabtu, (10/04/2021).

    Hadir dalam kesempatan tersebut Gubernur Riau  Datuk Seri Setia Amanah Masyarakat Adat Provinsi Riau Drs.H.Syamsuar,M.Si, Bupati Pelalawan Datuk Seri Setia Amanah Kabupaten Pelalawan H. M.Harris, Wakil Bupati Kabupaten Pelalawan Datuk Seri Setia Amanah Kabupaten Pelalawan Drs.H. Zardewan. MM, Bupati Pelalawan Terpilih H.Zukri Misran,SE,Wakil Bupati Pelalawan terpilih H.Nasarudin,SH.,MH,Ketua Umum LAM Riau Datuk Seri Al-Azhar,Ketua Umum Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Pelalawan Datuk Seri Zulmizan Farinja Assegaff,Datuk-Datuk,Batin-Batin, Ninik Mamak yang hadir,Anggota DPRD Propinsi Riau Sewitri, SE, Ketua TP. PKK HJ. Ratna Mainar Harris,Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan  Datuk Baharudin,SH.,MH,Kapolda Riau,Kapolres Pelalawan,Sekda H.Tengku Mukhlis,Dandim,Camat Langgam  Sugeng Wihariyadi, S.Sos,Lurah Langgam Maitizan, S.Pd, Tokoh Adat,Tokoh Agama dan Tokoh Masyarakat yang hadir.

    Gubernur Riau H.Syamsuar dalam sambutannya mengucapkan selamat kepada Bupati Pelalawan H.M. Harris  dan Lembaga Adat Melayu Riau Kabupaten Pelalawan, senantiasa mempertahankan Adat Istiadat di Kabupaten Pelalawan.Pemerintah Propinsi Riau  menyambut baik atas kegiatan Balimau Kasai Potang Mogang,mudah-mudahan di tahun yang akan datang dapat dilaksanakan oleh  Bupati Pelalawan yang akan dilantik pada tanggal 26 April 2021 H.Zukri.

    "Saya mengucapkan terima kasih kepada bupati Pelalawan,LAMR,tokoh masyarakat. Harapan kita agar tradisi ini senantiasa dilestarikan.Pemerintah Propinsi Riau menyambut baik atas kegiatan Balimau Kasai Potang Mogang,mudah-mudahan di tahun yang akan datang dapat dilaksanakan oleh  Bupati Pelalawan yang akan dilantik pada tanggal 26 April 2021 H.Zukri",tandas Gubri.

    Lanjut Mantan Bupati Siak ini menambahkan,"upacara balimau potang mogang ini menjadi tradisi dari masyarakat Kabupaten Pelalawan,tradisi yang turun temurun yang masih terjaga sampai sekarang.Tentunya kegiatan ini menjadi daya tarik wisata kebudayaan baik dari dalam maupun dari luar daerah.Oleh karena itu marilah kita sama-sama mendukung dan melestarikan budaya yang sudah ada,dan kepada generasi penerus dapat melanjutkan budaya yang baik ini", harapnya mengakhiri.

    Sementara itu Bupati Pelalawan H.M.Harris mengatakan bahwa pesta demokrasi sudah selesai,tentunya siapapun yang menjadi Pejabat Bupati ke depannya  kita tetap tunduk dan taat pada aturan pemerintah sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku.

    "Pejabat Bupati baru sebentar lagi akan dilantik.Untuk itu ke depannya kita tetap tunduk dan taat pada aturan pemerintah sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku.Dan tidak ada lagi kata siapa orangnya,yang jelas Bupati Pelalawan berikutnya periode 2021-2026 yang akan dilantik pada tanggal 26 April 2021 ini adalah  H. Zukri Misran,Bupati kita semua. Walau bagaimanapun kita harus dukung bersama membantu Bupati Pelalawan kita dalam melaksanakan visi dan misi mendukung program pembangunan di daerah kita agar ke depan akan lebih maju lagi dari sekarang ini",ungkap Bupati Harris.***


    Editor: F. ZALUKHU




     
    Berita Lainnya :
  • Wako Ahmadi Hadiri Wisuda STIE Sakti Alam Kerinci Ke-XVIII
  • Membangun Kabupaten Pelalawan Tidak Cukup Dengan Bupati Saja
  • Pelaku Curas Tak Berkutik Saat Diamankan Satreskrim Polres Dharmasraya
  • Polres Sidrap Dengan PT. Bank Mandiri Penandatanganan MOU
  • Polres Sidrap Jemput Bola Percepat Program Vaksinasi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Wako Ahmadi Hadiri Wisuda STIE Sakti Alam Kerinci Ke-XVIII
    02 Membangun Kabupaten Pelalawan Tidak Cukup Dengan Bupati Saja
    03 Pelaku Curas Tak Berkutik Saat Diamankan Satreskrim Polres Dharmasraya
    04 Polres Sidrap Dengan PT. Bank Mandiri Penandatanganan MOU
    05 Polres Sidrap Jemput Bola Percepat Program Vaksinasi
    06 Ketum LSM PEPARA RI Menuding Fisik Pekerjaan Gedung Qur'an Center Riau dan Gedung Riau HUB Diragukan
    07 Kajari Minta ASN di Kuansing Jaga Integritas Diri
    08 Rapat Musrembang Tahun 2022 Di Aula Kantor Kelurahan Kanyuara
    09 Wako Ahmadi Promosikan Produk Unggulan Sungai Penuh Kepada 3 Menteri
    10 Diduga Kades Sako Dua Berhentikan Perangkat Desa Secara Sepihak,Kantor Desa Sepi Tanpa Penghuni
    11 Gelar MTA Tahunan, Toni Gunawan AR di Percaya Pimpin IPRY Periode 2021-2022
    12 Gubernur Jambi KUKER Kabupaten Kerinci, Sempatkan Diri Kunjungi Koperasi Alko
    13 Kodim 1420 Sidrap Gelar Upacara Bendera Perdana Tahun 2022
    14 Plt Bupati Suhardiman Amby Berharap Masyarakat Bersatu Dukung Program Pembangunan Daerah
    15 Eyang Surachmat:Berharap Misuri Dapat Bersinergi Dengan Paguyuban Yang Ada Dikota Pekanbaru
    16 Bupati dan Wakil Hadiri Acara Pisah Sambut Kapolres Pelalawan
    17 Talkshow di Mall SKA,"Azhar Komit Lakukan Promosi Kampung Batik
    18 Bayar 75 Juta, Kasus Viral Tragedi Pajak Gambir Berakhir Damai Tanpa Proses Hukum
    19 Memutus Mata Rantai Covid-19,Bersinergi Dengan TNI,Brimob Polda Riau Gelar Vaksinasi Massal
    20 Karyawan Swasta Edarkan Shabu, Ditangkap Satuan Reserse Narkoba Polres Kuansing
    21 Bupati Pelalawan Terima Kunjungan AKBP Guntur Muhammad Tariq  
    22 HUT Satpam Ke-41, Kapolres Kuansing Beri Penghargaan Kepada Satpam Perusahaan Berprestasi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA