Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Pemkab Kampar Proaktif Raih Dana Pembangunan IBM Bersumber APBN
Sabtu, 06-03-2021 - 09:18:56 WIB
Pemkab Kampar Proaktif Raih Dana Pembangunan IBM Bersumber APBN
TERKAIT:
 
  • Pemkab Kampar Proaktif Raih Dana Pembangunan IBM Bersumber APBN
  •  

    Kampar, Liputanonline.com - Pemerintah Kabupaten Kampar  terus proaktif  berjuang  untuk meraih  dana pembangunan Infrastruktur Berbasis Masyarakat   (IBM) yang  bersumber dari APBN. Hal ini dilakukan  mengingat semakin menurutnya sumber pendapatan  APBD  Kabupaten Kampar dari tahun ke tahun.

    Demikian  terungkap dalam  Rapat  Koordinasi (Rakor)  Pelaksanaan  Kegiatan  Infrastruktur  Berbasis Masyarakat (IBM) di Kabupaten Kampar  yang digelar di  aula Bappeda Kabupaten Kampar, Jumat (5/3/2021).  Rapat ini dipimpin oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan  Daerah (Bappeda) Kabupaten Kampar, Ir. H. Azwan, M.Si.

    Hadir pada kesempatan  tersebut Kepala Dinas  PUPR  Kabupaten Kampar Afdal,ST, MT beserta Kabid Cipta Karya Nazaruddin, S.ST, MT,  Sekretaris  Dinas Perkim M. Katim, MT,  Kabid  Infrastruktur dan Kewilayahan  Bappeda Kampar Zaki Helmi, M.Eng, Kepala Balai Prasarana  Pemukiman Wilayah (BPPW) Riau Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian  Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat RI, Ikhwanul yang diwakili Kasi Wilayah II Endra Saputra beserta staf, Tim dari Pamsimas, Kotaku, Pisew, Kasubbid Kewilayahan Bappeda Kabupaten Kampar Risa Anjasari, ST, MT, Perwakilan OPD terkait dan undangan lainnya.

    Disampaikan Kepala Bappeda  Kampar Azwan, "bahwa Rakor IBM ini  merupakan tindak lanjut  pertemuan  Anggota Komisi V  DPR-RI Syahrul Aidi, Bupati Kampar, Kepala  Balai BPPW Riau  pada 18 Februari 2021 di kantor Bupati Kampar terkait pembangunan Infrastruktur  di Kabupaten Kampar dengan sumber Dana APBN. Kemudian  sesuai dengan Tema Pembangunan Tahun 2021  yakni “Mempercepat  Pemulihan Ekonomi”, program Infrastruktur  Berbasis Masyarakat  memberikan manfaat  terhadap produktivitas  ekonomi masyarakat  dengan pola gotong royong dan  partisipatif",tuturnya.

    Dijelaskan Azwan bahwa Rakor  IBM ini bertujuan  untuk sharing informasi program dan kegiatan infrastruktur  yang dilaksanakan oleh Balai Prasarana Permukiman Wilayah Riau tahun 2021, untuk mendapatkan informasi peluang usulan  sumber dana  APBN tahun 2022, pembahasan kelengkapan Readiness Criteria (RC) usulan Kabupaten Kampar tahun 2022 dan pembahasan kawasan kumuh Kabupaten Kampar.

    Saat ini ada 5  program Infrastruktur Berbasis Masyarakat di Kabupaten Kampar yakni Pamsimas, Kotaku (Kota  Tanpa Kumuh), Pisew (Pembangunan Infrastruktur Sosial  Ekonomi Wilayah) Sanimas (Sanitasi Masyarakat) dan TPST 3R (Tempat Pemrosesan Sampah Terpadu 3 R).

    Jumlah Desa  Pamsimas di Kampar  sampai tahun 2020 sebanyak 187 desa, Jumlah desa  yang  termasuk dalam SK  kawasan kumuh sebanyak 16 desa dengan luas total 284,84 Ha, jumlah desa Pisew  sampai tahun 2020 sebanayk 190 desa,  jumlah desa yang mendapatkan pembangunan Sanimas (IPAL Komunal) sebanyak 6 desa,  dan jumlah desa yang mendapatkan TPST  3R sampai tahun 2020 sebanyak 8 desa.

    Sementara   itu  usulan IBM untuk kegiatan  tahun 2022 diantaranya,  Pembangunan TPA  Tapung Hulu, XIII Koto Kampar,  Lipat Kain, Pembangunan  baru IPAL kombinasi MCK di Desa Indrapuri dan Desa Bukit Payung,  Pembangunan baru tangki Septik individual perdesaan di Desa Simalinyang, Desa Batu Sasak, Desa Koto Perambahan dan Desa Terusan.
     
    Selanjutnya  pembangunan TPST 3R  kawasan kumuh Teratak Buluh,  Pasir Putih Pandau,  Desa Lipat Kain, Desa Koto Tuo dan Desa Kasikan, peningkatan  infrastruktur  Pemukiman  Kumuh Kawasan Teratak Buluh dan Bangkinang Kota, Peningkatan Kawasan IPA Baja  di Tapung Hulu,  Pengembangan jaringan Perpipaan IKK  Kuok, Gunung Sahilan, IKK Tapung Hulu dan IKK Koto Kampar Hulu.

    Pada kesempatan tersebut Kepala BPPW Riau melalui Kasi Wilayah II Endra Saputra menyampaikan paparan materi tentang  Arah dan Kebijakan Pembangunan  Direktorat Jenderal Cipta Karya Kementerian PUPR dan Kegiatan BPPW Riau. Sedangkan Tim Koordinator  Kotaku  menyampaikan materi tentang   program kegiatan  Kotaku yang ada di Kabupaten Kampar.

    Pada sesi diskusi yang dipandu  oleh  Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan Bappeda Kabupaten Kampar  Zaki Helmi, M.Eng banyak masukan dan saran yang disampaikan peserta rapat yang pada  intinya  sepakat bersama-sama mendukung  terlaksanakan kegiatan IMB  tahun 2021 di Kabupaten Kampar dan melengkapi persyaratan usulan tahun 2022,pungkasnya.*(Disfo)*




     
    Berita Lainnya :
  • Sosok Kartini Muda Kuantan Singingi
  • Anak Korban Angin Kencang Dua Pitue Sidrap Terima Bantuan Menteri Sosial
  • Kapolres Kuansing Melakukan Pengecekan Pos PPKM Bersekala Mikro
  • Hari ini Rabu, 21 April 2021 Bupati Harris Mohon Diri, Memasuki Masa Purna Tugas
  • Kapolda Bersama Forkopimda Cek Ke Zona Merah,Ingatkan Warga Agar Disiplin Protokol Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sosok Kartini Muda Kuantan Singingi
    02 Anak Korban Angin Kencang Dua Pitue Sidrap Terima Bantuan Menteri Sosial
    03 Kapolres Kuansing Melakukan Pengecekan Pos PPKM Bersekala Mikro
    04 Hari ini Rabu, 21 April 2021 Bupati Harris Mohon Diri, Memasuki Masa Purna Tugas
    05 Kapolda Bersama Forkopimda Cek Ke Zona Merah,Ingatkan Warga Agar Disiplin Protokol Kesehatan
    06 Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan Lantik Enam Wali Nagari
    07 Dewan Sahkan Dua Ranperda Kota Sungai Penuh
    08 Hadiman:Bantah Pemberitaan Dirinya Gagalkan Program Peremajaan Sawit Andalan Presiden Joko Widodo
    09 Bupati Sergai Sampaikan 5 Pesan Penting, Di Pelantikan 54 Pejabat Administrator
    10 Kepala Desa Antar Waktu, Pemkab Sergai Gelar Seleksi di Aula BKD
    11 Walikota Sungai Penuh Menyampaikan LKPJ APBD 2020 di Paripurna DPRD Sungai Penuh
    12 BPJS Pelalawan Sosialisasi Pentingnya Program BPJS di Kalangan Pers
    13 PT Al Ananda Tingkatkan Kerjasama Produktivitas Lele Asap, Dengan Warga Binaan Lapas Bukittinggi
    14 Bupati Batu Bara Zahir,Lantik Pengurus Kelompok Kerja Bunda PAUD Masa Bakti 2021-2023
    15 Gabungan TNI AL Gagalkan Transaksi dan Penyelundupan 110,925 Kg Sabu dari Malaysia
    16 Tidak Respon LPH Inspektorat Nisut Sang Kades Baho Kecamatan Lotu Dinonaktifkan
    17 Abaikan Prokes,Panitia Reses Anggota DPR RI Saniatul Lativa
    18 Hadiman Pimpin Lansung Sertijab Kasi Pidsus Kajari Kuansing
    19 Dinas Kominfo Kampar Gelar Sertijab Kadis Baru
    20 Awal Safari Ramadhan Bupati Kampar Buka Puasa Bersama Tokoh Muhammadiyah
    21 Akibat Anggin Kencang dan Hujan Deras Tiga Rumah Warga Rusak
    22 Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru Kembali Buka Setiap Hari
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA