Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Kasus IRT Lempar Pabrik Rokok, Sudah Dimediasi 9 Kali Polri Tapi Gagal
Selasa, 23-02-2021 - 14:56:39 WIB
Kasus IRT Lempar Pabrik Rokok, Sudah Dimediasi 9 Kali Polri Tapi Gagal
TERKAIT:
 
  • Kasus IRT Lempar Pabrik Rokok, Sudah Dimediasi 9 Kali Polri Tapi Gagal
  •  

    JAKARTA, LIPUTANONLINE.com - Kasus pelemparan gudang rokok yang dilakukan 4 ibu rumah tangga (IRT) di Kecamatan Kopang, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat (NTB) menuai polemik. Banyak pihak yang menyayangkan penahanan yang dilakukan terhadap 4 IRT. Bahkan, dua balita ikut ditahan lantaran masih membutuhkan ASI oleh ibunya.

    Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Raden Prabowo Argo Yuwono mengatakan, pihak Polri melalui Kapolres Lombok Tengah telah melakukan upaya mediasi sebanyak 9 kali. Namun, mediasi tersebut tidak berhasil.

    "Telah dilakukan mediasi sebanyak 9 kali oleh Kapolres Lombok Tengah namun tidak berhasil," kata Argo di Jakarta, (23/2/2021).

    Menurut Argo, berkas perkara kasus tersebut sudah lengkap atau P21 tanggal 3 Februari 2021. Kemudian tanggal 16 Februari 2021 dilakukan tahap 2 penyerahan tersangka dan barang bukti diserahkan ke kejaksaan. "Selama proses penyidikan para tersangka tidak ditahan," ungkap Argo.

    Argo mengatakan, pihaknya sudah melakukan koordinasi dengan Kajari dan Ketua PN Lombok Tengah untuk melakukan sidang secara virtual dan kelanjutan vonis sidang ke depan.

    Terkait kronologis peristiwa ini, mantan Kabid Humas Polda Metro Jaya ini menjelaskan, pada 1 Agustus 2020, diperoleh informasi adanya penolakan Warga Dusun Eat Nyiur Desa Wajageseng terkait penolakan beroperasinya UD. Mawar Putra karena dianggap aroma bahan kimia yang digunakan sangat menyengat, sehingga berpotensi menimbulkan sesak nafas, batuk dan penyakit lainnya yang membahayakan kesehatan warga.

    Tanggal 3 Agustus 2020 Pukul 09.00 WITA,  telah berlangsung mediasi antara warga Dusun Eyat Nyiur dengan pimpinan UD Mawar Putra atas nama Suardi. Dalam pertemuan tersebut disepakati bahwa pihak UD Mawar Putra bersedia mengobati warga yang diduga sakit akibat bau zat kimia tersebut.

    Kemudian, tanggal 10 Agustus 2020, pihak UD Mawar Putra membuat surat pengaduan ke Polsek Kopang tentang dugaan tindak pidana perbuatan tidak menyenangkan yaitu dilemparinya atap rumah pimpinan UD Mawar Putra, Suardi oleh Rahmatullah. Dengan adanya surat pengaduan tersebut, surat pernyataan perdamaian yang sudah disepakati dibatalkan.

    Pada tanggal 8 September 2020 Pukul 09.00 WITA, telah berlangsung hearing di Kantor DPRD Kabupaten Loteng. Warga meminta agar UD Mawar Putra ditutup karena menyebabkan polusi udara dan terganggunya kesehatan warga Dusun Eyat Nyiur.

    Selanjutnya, pada 10 September 2020 Pukul 10.00 WITA, telah dilakukan hearing lanjutan di kantor DPRD Kabupaten Loteng membahas legalitas/izin yang dimiliki oleh UD Mawar Putra. Selanjutnya pihak DPRD Kabupaten Loteng, LSM Lira, dan Kades Wajageseng turun melakukan pengecekan ke lokasi UD Mawar Putra, namun tidak ditemukan aktivitas produksi rokok serta bau/aroma yang mengganggu.

    Pada tanggal 16 September 2020 Pukul 14.00 WITA, telah beredar video dari salah seorang Warga Dusun Eyat Nyiur atas nama Nurul hidayah melalui saluran Youtube dan Facebook berisikan permintaan tolong kepada Presiden RI agar perusahaan UD Mawar Putra segera ditutup karena mengancam kesehatan warga.

    "30 September 2020 Pukul 10.00 WITA, telah berlangsung pertemuan antara Komisi II DPRD Kabupaten Loteng, Camat Kopang dan Kades Wajageseng guna membahas permasalahan yang terjadi. Komisi II DPRD Kabupaten Loteng meminta untuk segera dilakukan mediasi kembali," ujarnya.

    Pada tanggal 7 Oktober 2020 Pukul 11.00 WITA, dilakukan audiensi dari LSM Lira dengan Pemerintah Desa Wajageseng agar Perusahaan UD. Mawar Putra dipindahkan ke lokasi yang jauh dari pemukiman warga. Kemudian tanggal 8 Oktober 2020, LSM Lira dan Warga Desa Wajageseng meminta kades untuk menutup/memindahkan lokasi UD. Mawar Putra dan apabila tidak dipenuhi akan diadakan aksi unras.

    "11 Oktober 2020 Pukul 17.25 WITA, telah dilaksanakan mediasi di Polsek Kopang dan tidak menghasilkan kesepakatan. Dan selanjutnya tokoh masyarakat atas nama Dilman berkunjung ke Polsek Kopang dan menyampaikan bahwa Warga Desa Wajageseng bersedia menghentikan permasalahan tersebut apabila Suardi mencabut laporannya," ucapnya.

    Proses mediasi pun dilakukan kembali di tingkat Polres. Namun lagi-lagi tidak menemukan jalan tengah. Adapun total mediasi yang telah dilakukan oleh pihak Kepolisian sebanyak 9 kali.

    Usai gagal mediasi, terjadi aksi pelemparan batu terhadal atap gudang UD Mawar Putra, sehingga membuat para pekerja takut dan menghentikan aktivitas pekerjaan. Kejadian ini kemudian dilaporkan ke Polres Lombok Tengah.

    Pihak Suardi membuat laporan polisi ke Polres Lombok Tengah. Berkas perkara pun saat ini sudah lengkap, namun terhadap terlapor tidak dilakukan penangkapan dan penahanan.***



    Editor: Zul Efendi




     
    Berita Lainnya :
  • Kasat Reskrim dan Plh Kapolsek Hulu Kuantan Kuansing Pimpin Pengecekan Aktifitas PETI
  • Tokoh Masyarakat Jawa Mendorong Fadli Sudria Maju di Pilbup Mendatang
  • Sebuah Teladan Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Ikut Padamkan Api Karhutla
  • Antrian di SPBU BUMD PD.SPR ROHIL, Sekelompok Pengusaha Minyak Ramaikan Jerigen?
  • Kevin De Bruyne Akan Sombong Jika Menang
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Kasat Reskrim dan Plh Kapolsek Hulu Kuantan Kuansing Pimpin Pengecekan Aktifitas PETI
    02 Tokoh Masyarakat Jawa Mendorong Fadli Sudria Maju di Pilbup Mendatang
    03 Sebuah Teladan Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan, Ikut Padamkan Api Karhutla
    04 Antrian di SPBU BUMD PD.SPR ROHIL, Sekelompok Pengusaha Minyak Ramaikan Jerigen?
    05 Kevin De Bruyne Akan Sombong Jika Menang
    06 Temukan Tengkorak Dalam Mobil yang Tertimbun di Kanal Diduga Ayah dan Anak
    07 Lukman Minta KPK dan BPK RI Turun Cek Setiap Proyek yang di Bangun di Rokan Hilir
    08 Kecurigaan Orangtua Kondisi Anak Sering Lemah, Ternyata Hamil 6 Bulan Disetubuhi 2 Remaja
    09 Polres Nias Selatan Tangkap Oknum LSM Mengaku Anggota Auditor BPK dan KPK Gadungan
    10 Bupati Dharmasraya Hadiri Peresmian Lapangan Tembak
    11 Manchester City vs Manchester United akan Bertanding, Ini Jadwalnya
    12 Sidak di Dinas Pendidikan,Bupati Darma Wijaya: Tingkatkan Kinerja dan Berikan Pelayanan Terbaik
    13 Lomba Desa Akan Dimulai, Desa Simpang 4 STT Berhasil Mewakili Kecamatan AHT
    14 Pemprov Riau Kirim SE Ke Bupati/Wali Kota Minta Dirikan Posko Siaga Karhutla Tingkat Desa
    15 Pemkab Kampar Proaktif Raih Dana Pembangunan IBM Bersumber APBN
    16 Jenderal (Purn) Muldoko Menjadi Ketua Umum Partai Demokrat melalui KLB Gantikan Mayor (Purn) AHY
    17 Bersinergi Wujudkan Sergai yang Bersih, Teduh dan Berkelanjutan dengan Gotong Royong
    18 Bupati Sergai, Bahas Program Penataan Aset Bersama Kejari
    19 Bupati Kampar Sampaikan LKPD Kabupaten Kampar Kepada BPK-RI Perwakilan Provinsi Riau
    20 Pemko Rapat Evaluasi Kegiatan Tahun 2020, Aset dan PAD jadi Perhatian
    21 Anisial A Ketua Organisasi Wartawan,Diduga Tunding Wartawan Gadungan
    22 Wawako Apresiasi English Communication Award 2021 Fikom UMRI
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA