Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Bedah Rumah Kurang Mampu,Sozifao Hia Mendapat Apresiasi Masyarakat Langgam dan Seikijang
Selasa, 16-02-2021 - 22:42:03 WIB
Bedah Rumah Kurang Mampu, Sozifao Hia Mendapat Apresiasi Masyarakat Langgam dan Kecamatan Seikijang
TERKAIT:
   
 

PELALAWAN, Liputanonline.com - Masyarakat Kabupaten Pelalawan yang ada di daerah pemilihan (Dapil-V) Kecamatan Langgam dan Kecamatan Bandar Seikijang, anggota DPRD Pelalawan Drs. Sozifao Hia, M.Si, mendapat apresiasi dari masyarakat Pelalawan asal Nias dan warga kurang mampu lainnya, atas kerja keras Anggota DPRD Pelalawan ini telah berhasil memperjuangkan kepentingan masyarakat tidak mampu di daerah pemilihannya.

Sejak Drs Sozifao Hia, M.Si terpilih pada Tanggal 17 April 2019 dan dilantik menjadi Anggota DPRD Kabupaten Pelalawan pada bulan Agustus 2019 kurang lebih dua tahun yang lalu, telah banyak berupaya memperjuangkan aspirasi masyarakat di daerah pemilihannya itu.

Anggota DPRD ini akrab dipanggil Ama Rocky Hia, telah berhasil memperjuangkan aspirasi masyarakat Dapilnya ini, terlihat adanya puluhan masyarakat kurang mampu di daerah Kecamatan Langgam dan Kecamatan Bandar Seiking yang mendapat bantuan Bedah Rumah dari pemerintah daerah kabupaten Pelalawan di tahun anggaran 2020.

Sudah 10 unit program Bedah Rumah Layak Huni kepada masyarakat Kecamatan Langgam dan Kecamatan Bandar Seikijang, merupakan hasil perjuangan Drs. Sozifao Hia, M.Si melalui dana pokirnya.

Selain 10 unit bedah rumah dan ditambah pembangunan 1 unit kantor perpustakaan kecamatan di Kecamatan Bandar Seikijang dan program Rehap Bangunan Sekolah Dasar Negeri 016 di Km 53 Desa Segati Kecamatan Langgam, sebanyak 3 Pintu, aku warga dapil V bermarga Zega.

"Ya, sejauh ini, Program bedah rumah tersebut hasil dari perjuangan anggota DPRD Drs Sozifao Hia, M.Si melalui dana Pokirnya," jelas Ma'ato Zega di Pangkalan Kerinci, Selasa (16/2/2021).

Lanjut Ma'ato Zega, menyebut bahwa Bedah Rumah Layak huni tersebut bagi masyarakat kurang mampu, direalisasikan oleh pemerintah daerah sesuai usulan masyarakat Dapil-V saat Drs Sozifao Hia, M.Si melakukan reses di daerah Pemilihannya.

Sudah pastilah pak, "Perjuangan politisi PDIP ini tidak bisa kami lupakan begitu saja dan bahkan tidak bisa membalasnya. Hanya ucapan terima kasih dan doa saja yang bisa kami sampaikan, semoga beliau diberi kesehatan dan umur panjang oleh Allah Yang Maha Kuasa hingga sampai masa jabatannya berakhir sebagai anggota dewan di kabupaten Seiya Sekata ini," tuturnya.

Hal yang sama juga disampaikan salah seorang masyarakat Pelalawan di kecamatan Langgam asal kelahiran Nias 05-05-1985 bernama Krisman Zai, juga mengucapkan terima kasih kepada anggota DPRD Pelalawan, Drs Sozifao Hia, M.Si.

Krisman Zai menuturkan bahwa "Tanpa adanya perwakilan Ononiha dari Dapil-V di DPRD Kabupaten Pelalawan itu, saya memastikan tak akan memiliki rumah yang layak huni seperti sekarang di daerah ini, namun atas perjuangannya di DPRD, bantuan pemerintah melalui program Bedah Rumah Layak Huni kami bisa dapatkan. Untuk itu, hanya ucapan terimakasih yang dapat kami sampaikan dan doa terhadap bapak Ama Rocky Hia, tutupnya mengakhiri.  

Kepada Drs. Sozifao Hia, M.Si yang dikonfirmasi media ini via ponselnya, yang saat itu mengaku berada di Gedung DPRD Pelalawan di ruangan Fraksi PDIP, Selasa (16/2/2021). Dia membenarkan adanya pembangunan 10 unit Bedah Rumah Layak Huni di kecamatan Langgam dan Kecamatan Bandar Seikijang berjumlah 10 unit dengan nilai pagu dana/unit sebesar Rp.30.000.000 (tiga puluh juta rupiah), dengan total keseluruhan sebesar Rp.300.000.000.

"Benar, Tahun 2020 ada pembangunan 10 unit Bedah Rumah untuk masyarakat kurang mampu. Bedah rumah itu, dilaksanakan dari pokok pikiran anggota DPRD pelalawan dari Fraksi PDIP," jelasnya.

Selanjutnya, Tokoh masyarakat Pelalawan asal Nias ini menyampaikan bahwa selain 10 unit program Bedah Rumah Layak Huni ini l, juga sudah berhasil mengusulkan pembangunan 1 unit perpustakaan Kecamatan di Kecamatan Bandar Seikijang melalui pelaksana Dinas Arsip Kabupaten Pelalawan dengan nilai pagu, sebesar Rp. 192.440,000.

Kemudian ada Rehab Bangunan Sekolah Dasar Negeri (SDN) 016 di Km 53 Desa Segati Kecamatan Langgam sebanyak 3 Pintu dengan nilai pagu Rp. Rp. 165.979.263,84.

"Ya, Program tersebut diusulkan sebagai upaya penyediaan rumah yang layak huni bagi Masyarakat Berpenghasilan Rendah (MBR)," jelasnya.

Adapun masing-masing desa yang mendapatkan program Bedah Rumah Layak Huni ini yaitu 1 unit di RT/RW. 003/003 Desa Segati Kecamatan Langgam, 1 unit di RT/RW. 01/03 Desa Segati Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.003/RW.003 Desa Segati Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.002/RW.001 Desa Segati Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.003/RW.006 Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.003/RW.006 Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.001/RW.004 Desa Padang Luas Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.002/RW.002 Desa Sotol Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.003/RW.005 Desa Pangkalan Gondai Kecamatan Langgam, 1 unit di RT.002/RW.006 Kelurahan Bandar Seikijang Kecamatan Bandar Seikijang.

"Benar, pembangunan perpustakaan, pembangunan rehab bangunan sekolah dan pelaksanaan program Bedah Rumah Layak Huni bagi masyarakat kurang mampu ini, dibiayai dari dana Pokir Dewan yang diambil dari APBD Pelalawan," kata Sozifao Hia.

Mengenai Pokir saya untuk Tahun 2021 ini, masih dalam tahap penyusunan oleh Tim teknis bersama Staf Ahli Fraksi Partai PDIP. Saat ini sedang disesuaikan dengan kemampuan Dana pokirnya.

Sementara itu, salah seorang masyarakat Pelalawan asal Nias di Desa Segati Kecamatan Langgam, Alius Halawa beralamat RT/RW 003/006 Desa Pangkalan Gondai menyebut perjuangan anggota DPRD Pelalawan Sozifao Hia, benar-benar bermanfaat kepada masyarakat Pelalawan di Dapil-V.

"Ya, bantuan Bedah Rumah layak Huni ini, benar-benar bermanfaat bagi kami. Oleh karenanya, kami hanya bisa mengucapkan terima kasih. Seandainya saja Ketua Fraksi PDIP Pelalawan ini tidak memperjuangkan aspirasi kami, sudah tentu kami sebagai masyarakat kecil sulit memperoleh bantuan pemerintah ini," ungkapnya dengan nada sedih.

Alius Halawa mengatakan bahwa sebelum ini, keluargannya tidak punya rumah layak huni dan setelah beliau memperjuangkan aspirasi kami kepada pemerintah kabupaten Pelalawan, kini kami telah memiliki rumah yang layak huni dari pemerintah melalui program bedah rumah, katanya mengakhiri. (Rilis/Firman Zalukhu).




 
Berita Lainnya :
  • Polsek Kuantan Hilir,Ungkap Kasus Curanmor Mengamankan 2 Pelaku, Berikut Barang Bukti
  • Surau Al-Munawarah padang lalang Koto kari Bentuk panitia Qurban
  • Desa Sungai Bendung Air, Jadi Juara Umum Pada Jambore PKK Kecamatan Kayu Aro
  • Kapolres Kuansing Pimpin Langsung Pelaksanaan Razia Penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin
  • Ketua DPRD Kuansing Resmi Surati Ketua DPP Lima Partai Koalisi Sanjai
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Polsek Kuantan Hilir,Ungkap Kasus Curanmor Mengamankan 2 Pelaku, Berikut Barang Bukti
    02 Surau Al-Munawarah padang lalang Koto kari Bentuk panitia Qurban
    03 Desa Sungai Bendung Air, Jadi Juara Umum Pada Jambore PKK Kecamatan Kayu Aro
    04 Kapolres Kuansing Pimpin Langsung Pelaksanaan Razia Penertiban Penambangan Emas Tanpa Izin
    05 Ketua DPRD Kuansing Resmi Surati Ketua DPP Lima Partai Koalisi Sanjai
    06 Prihatin! Teratak Aset Desa Saewe Terbengkalai Di Pinggir Jalan
    07 Berjalan 2 Bulan, Program Sosial BANGKO GASSPOLL Terbukti Menyentuh Kemasyarakat
    08 Penertiban PETI di Sungai Kukok Kuantan Hilir Seberang, Pekerja Kabur Saat Aparat Polsek Datang
    09 Sempena Hari Bhayangkara ke 76, Kapolsek Singingi Laksanakan Penyerahan Hadiah Kepada Pemenang
    10 Kapolsek Kuantan Mudik Bersama Anggotanya Lakukan Penindakan Terhadap PETI di Sungai Kuantan
    11 Ratusan Orang Tumpah Ruah Mengikuti Jalan Santai yang Diadakan Polres Kuansing
    12 Polres dan Satpol PP Kuansing Gelar Patroli Gabungan, Antisipasi Terjadi Gangguan Kamtibmas
    13 Respon Cepat,Kapolsek Kuantan Mudik Tindak Aktifitas PETI Tanpa Izin Pasang Spanduk Larangan
    14 SatRes Narkoba Polres Kuansing Amankan Pengedar Shabu di Sentajo Raya Kuansing
    15 Majukan Ekonomi, Pasar Lukin Desa Mak Teduh Resmi Beroperasi, Masyarakat Sambut Antusias
    16 Kunjungan Sosial IMAH FAMILI, Ketua Umum; Mari Kita Bergandengan Tangan Kedepan
    17 Tim Opsnal Sat Narkoba Polres Kuansing Tangkap 2 Orang Resedivis Pelaku Pengedar Narkoba
    18 Operasi Patuh LK 2022 Polres Kuansing 8 Sasaran Prioritas
    19 Waka Polres Kuansing Berikan Arahan dan Pembelajaran Kepada Siswa Diktuk BA Polri SPN Polda Riau
    20 Roadshows Ketua DPD partai Demokrat Dengan Tema Gerak Cepat Demi Rakyat
    21 Kapolsek Lakukan Kegiatan Pemberian Bantuan Sembako Kepada Masyarakat yang Kurang Mampu
    22 Aksi Peduli 50 Paket Sembako Jumat Besok Dibagikan di Bagansiapiapi
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA