Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Tim Gabungan Polres Pelalawan,Berhasil Bekuk Pembunuh Sama Arti Zai Unsur Sakit Hati
Selasa, 12-01-2021 - 21:41:22 WIB
Tim Gabungan Polres Pelalawan,Berhasil Bekuk Pembunuh Sama Arti Zai Unsur Sakit Hati
TERKAIT:
 
  • Tim Gabungan Polres Pelalawan,Berhasil Bekuk Pembunuh Sama Arti Zai Unsur Sakit Hati
  •  

    PELALAWAN, Liputanonline.com -  PH Pelaku pembunuhan Sama Arti Zai (25), terjadi pada Rabu Tanggal 23 Desember 2020 sekitar pukul 19.00 Wib di areal kebun sawit warga milik Sudiman Jln. Poros Pemda kelurahan Langgam Kecamatan Langgam Kabupaten Pelalawan, mayat korban ditemukan Hari Jumat Tanggal 25 Desember 2020 sekira pukul 23.00 Wib.

    Inisial PH als Putra (pelaku), ditangkap oleh Tim gabungan Sat Reskrim Polres Pelalawan dan Unit Reskrim Polsek Langgam pada Hari Minggu tanggal 10 Januari 2021 sekira jam 06.30 wib di wilayah Lingkungan II Bukit Gabungan, Kelurahan Sangkunur, Kecamatan Angkola Sangkunur, Kabupaten Tapanuli Selatan, Sumatra Utara (Sumut) dengan penerapan Pasal 338 Jo Pasal 351 ayat (3) KUHPidana.

    Korban pembunuhan merupakan masyarakat asal kelahiran Desa Sifaoroasi Ulugawo, Kecamatan Ulugawo, Kabupaten Nias, Provinsi Sumatra Utara (Sumut), sesuai Laporan Polisi Nomor : LP/305 / XII / 2020/ Riau / Res. Pelalawan / SPKT tgl 30 Desember 2020.

    Pelaku pembunuhan Sama Arti Zai,  Perianus Halawa als PUTRA (18), Laki-laki, berdomisili di Komplek Perkebunan PTPN V Areal 500 Desa Pangkalan Baru, Kecamatan Siak Hulu, Kabupaten Kampar Provinsi Riau.  

    Kornologis dan upaya jajaran Reskrim Polres Pelalawan mengungkap kasus tindak pidana Pasal 338 Jo Pasal 351 ayat (3) KUHPidana ini yaitu pada Hari Jumat Tanggal 25 Desember 2020 sekira pukul 23:00 Wib. Unit Reskrim Polsek Langgam menerima laporan penemuan mayat tidak dikenal (Mr. X) di parit air di areal kebun milik Sudiman yang berada di Jl.Poros Pemda Kel. Langgam Kabupaten Pelalawan.

    Kemudian, Tim identifikasi Sat Reskrim Polres Pelalawan dan personel Polsek Langgam melakukan TP TKP dan olah TKP awal sekaligus melakukan evakuasi jenazah yang ditemukan di parit untuk dilakukan Autopsi di RS Bhayangkara pada pukul 01.30 WIB, dikarenakan pencahayaan tidak memadai sehingga tim identifikasi memustuskan untuk melakukan olah TKP lanjutan pada keesokan harinya.

    "Pada hari Sabtu Tanggal 26 Desember 2020 sekira pukul 10.00 WIB Tim Identifikasi melakukan penyisiran dan menemukan bercak darah pada salah satu pondok yang ditempati oleh buruh pemanen sawit kemudian dilakukan olah TKP kembali dan pengambilan sample bercakan darah  pada 7 benda/sample yang selanjutnya dilakukan pengujian secara laboratorium di RS Bhayangkara," jelasnya.

    Dalam rangkaian penyelidikannya. Tanggal 27 Desember 2020, dilakukan pemeriksaan saksi-saksi di Polres Pelalawan. Bahkan para saksi (Karyawan termasuk pemilik kebun) tidak mengenali Identitas jenazah karena sudah dalam kondisi membusuk.

    Petugas Polri Polres Pelalawan tidak berhenti sampai disitu sehingga terus mengorek informasi yang ternyata terdapat 2 (dua) orang karyawan yang tidak berada di areal kebun dikarenakan ijin untuk cuti Natal dan Tahun Baru, namun tidak mengetahui keberangkatan kedua karyawan yang cuti itu.

    Kemudian penyelidik menerima informasi dari RS Bhayangkara melalui Kompol Supriyanto bahwa dari hasil autopsi terhadap jenazah tanpa identitas (MR X) terdapat tanda-tanda kekerasan benda tumpul pada kepala dan luka terbuka dikarenakan senjata tajam pada leher bagian belakang dan bahu sebanyak 7 (tujuh) luka akibat sajam, dan perkiraan kematian pada saat ditemukan antara 3-5 hari.

    Selanjutnya, hasil dari pengujian lab terhadap bercak darah yang diambil dari 7 sampling oleh tim identifikasi Sat Reskrim Polres Pelalawan adalah terdapat 2 sample darah manusia.

    Kemudian dikarenakan identitas jenazah belum dikenali ciri-ciri jenazah dilakukan publikasi melalui media sosial dan melalui media cetak.

    Kemudian, Penyelidik menerima informasi dari salah satu pekerja PT LIH atas nama Ataromi Zai yang sebelumnya melihat postingan melalui media sosial terkait ciri ciri jenazah tanpa identitas (Mr X).

    "Benar, Ataromi Zai menyebut ciri-ciri jenazah yang terpublis di media sosial adalah adik kandung yang bersangkutan dimana ciri ciri yang sesuai adalah adanya jari tengah korban yang cacat, setelah dilakukan pencocokan terhadap jenazah korban bahwa saudara Ataromi Zai dapat memastikan bahwa korban adalah adik kandung yang bersangkutan dari jari tengah tangan kanan yang cacat," terangnya.

    Sdr Ataromi Zai, mendatangi Polres Pelalawan untuk membuat laporan Polisi, kemudian dilakukan pemeriksaan awal terhadap Sdr Ataromi Zai, dan membenarkan bahwa Jenazah yang ditemukan di parit adalah adik kandungnya bernama Sama Arti Zai dan memberikan keterangan bahwa Sama Arti Zai merupakan salah satu pekerja di kebun sawit milik Sudiman, selanjutnya Sdr Ataromi Zai diarahkan ke RS Bhayangkara untuk menjemput jenazah Sama Arti Zai untuk dikebumikan.

    Untuk kepentingan penyelidikan pengungkapan kasus pembunuhan tersebut. Pada Tanggal 02 Januari 2021, Penyelidik melakukan pemeriksaan ulang terhadap saksi-saksi pekerja kebun milik SUDIMAN dan Pemilik kebun membenarkan bahwa Sama Arti Zai als Salman adalah salah satu pekerja kebun di areal kebunnya dan tinggal satu pondok dengan pekerja kebun lainnya An PH als PUTRA, dimana keduanya pada tgl 23 Desember 2020 ijin cuti natal dan tahun baru. Kemudian saksi an. SUWITO selaku mandor pekerja memberikan keterangan bahwa Pekerja kebun An PH belum kembali sampai saat ini dan tidak bisa dihubungi.

    Tanggal 3 Januari 2021, dilakukan gelar perkara dan anev terhadap perkara penganiayaan berat mengakibatkan mati/pembunuhan pelapor atas nama Ataromi Zai dengan Korban Sama Arti Zai di ruang KASAT RESKRIM Polres Pelalawan, berdasarkan alat bukti berupa keterangan saksi, petunjuk, dan hasil Autopsi perkara ditingkatkan dari penyelidikan ke tahap penyidikan untuk menemukan tersangka dan barang bukti.

    Selanjutnya, Tanggal 4 Januari 2021, Penyelidik melakukan profiling terhadap terduga pelaku PH dimana alamat terduga pelaku berada di Komplek Perkebunan PTPN V areal 500 di desa Pangkalan baru Kec. Siak hulu Kab. Kampar. Namun PH tidak pernah kembali ke rumah orang tua yang bekerja sebagai buruh di PTPN V, setelah itu penyelidik melakukan upaya lanjutan pencarian terhadap keberadaan diduga pelaku PH.

    Setelah mendapat info di berbagai sumber, hingga kronologis penangkapan inisial PH als Putra dilakukan wilayah Bukit Gabungan (Bukit Barisan) Lingkungan 2 Kel. Sangkunur Kec. Angkola Sangkunur Kab. Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

    Tanggal 8 Januari 2021, IPDA Pol Esafati Daeli, SH selaku kanit reskrim Polsek Pangkalan kuras memberikan informasi yang didapat dari masyarakat terkait keberadaan terduga pelaku PH Als PUTRA kepada Kasat Reskrim Polres Pelalawan AKP Ario Damar SH, Sik dan melaporkan informasi tersebut kepada Kapolres Pelalawan AKBP Indra Wijatmiko SIK.

    Kemudian Kasat Reskrim berkoordinasi dengan kapolsek Langgam IPDA Fadillah STrK, SH, MH membuat tim gabungan Tim Opsnal SAT Reskrim Polres Pelalawan dan Unit Reskrim Polsek Langgam untuk melakukan pengejaran dan penangkapan terduga pelaku pembunuhan An PH ALS PUTRA yang menurut informasi berada di Bukit Gabungan (Bukit Barisan) Lingkungan 2 Kel. Sangkunur Kec. Angkola Sangkunur Kab. Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara.

    Pukul 21.00 Wib Tim gabungan melaksanakan konsolidasi di Polres Pelalawan untuk keberangkatan menuju Tempat tersangka di Prov Sumatera Utara, pukul 22.00 Wib tim gabungan di pimpin Kasat Reskrim AKP Ario Damar SH, SIK didampingi Kapolsek Langgam AKP Fadillah STrK MH menuju Provinsi Sumut.

    Tanggal 9 Januari 2021, sekira pukul 16.30 WIB tim gabungan tiba di Kel. Sangkunur Kec. Angkola Sangkunur Kab. Tapanuli Selatan Provinsi Sumatera Utara. Dilanjutkan perjalanan ke Lokasi penangkapan sesuai dengan informasi dengan berjalan kaki kurang lebih 4,5 jam menuju lokasi keberadaan tersangka, pada pukul 21.00 Wib dikarenakan kurangnya pencahayaan dan sulitnya medan Tim gabungan memutuskan untuk bersitirahat di salah satu pondok milik warga setempat.

    Tanggal 10 Januari 2021, Sekira pukul 04.00 Wib tim gabungan opsnal Polres Pelalawan dan unit reskrim Polsek Langgam melanjutkan perjalanan menuju lokasi keberadaan Tersangka sesuai informasi dari masyarakat, pada pukul 05.30 Wib Tim gabungan tiba di sekitar  pondok yang diduga tempat persembunyian PH Als Putra (pelaku), dikarenakan pencahayaan masih sangat minim dan Kasat Reskrim AKP Ario Damar STrK SH, Sik memutuskan untuk penyergapan dilakukan pada saat pencahayaan sudah baik.

    Pada pukul 06.30 WIB dilakukan penyergapan terhadap pondok yang diduga dijadikan tempat persembunyaian pelaku, dan dilakukan penggeledahan kemudian tim opsnal Polres Pelalawan An Bripka Sandro Simarmata dan Bripka Adrian menemukan pelaku bersembunyi pada balik pintu salah satu kamar di Pondok tersebut.

    Setelah dilakukan penangkapan pelaku dan dilakukan interogasi awal bahwa pelaku mengakui telah melakukan penganiayaan terhadap korban Sama Arti Zai menggunakan benda tajam pada hari Rabu tgl 23 Desember 2020 sekira pukul 19.00 WIB dikarenakan sakit hati terhadap korban dan diawali oleh perkelahian/duel antara tersangka dan korban

    Selanjutnya tersangka An PH als PUTRA dibawa menuju ke Polres Pelalawan untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut bersama barang bukti berupa 1 (satu) bilah parang dengan ukuran 70 cm dengan gagang plastik warna hijau, 1 (satu) celana pendek warna hitam (milik tersangka), 1 (satu) celana warna biru dongker (milik korban)***.(Firman Zalukhu/Rilis Humas Pol Pelalawan)




     
    Berita Lainnya :
  • Tim Investigasi TOPAN-RI DPP:Minta Penegak Hukum Untuk Menelusuri Rumah Sakit dan Dokter Periksa
  • Di Kecamatan Kubu, ditemui Banyak Kejanggalan, Siapa yang Bertanggung Jawab?
  • Diduga Pengedar Sabu Antar Lintas Kubu- Bagan siapi-api Dijaring Sat Res Narkoba Polres Rohil
  • Pria Banyuwangi Ini Hajar Pacar Hingga Babak Belur Dibutakan Kecemburuan
  • Babinsa Kodim 1420 Memanfaatkan Hari Libur Bersama Masyarakat Kerja Bakti Ajang Silahturahmi
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Tim Investigasi TOPAN-RI DPP:Minta Penegak Hukum Untuk Menelusuri Rumah Sakit dan Dokter Periksa
    02 Di Kecamatan Kubu, ditemui Banyak Kejanggalan, Siapa yang Bertanggung Jawab?
    03 Diduga Pengedar Sabu Antar Lintas Kubu- Bagan siapi-api Dijaring Sat Res Narkoba Polres Rohil
    04 Pria Banyuwangi Ini Hajar Pacar Hingga Babak Belur Dibutakan Kecemburuan
    05 Babinsa Kodim 1420 Memanfaatkan Hari Libur Bersama Masyarakat Kerja Bakti Ajang Silahturahmi
    06 Buron Narkoba Paling Dicari di Dunia,Berhasil Polisi Belenda Menangkap
    07 Seorang Pria di Grobogan Membunuh Rekan Kencan Sesama Jenis Gara-gara Ditagih Rp100 ribu
    08 Raphael Varane Dikabarkan Ingin Meninggalkan Real Madrid di Akhir Musim Ini
    09 Wakil Ketua KPK Lili Pintauli Siregar di Kabarkan Meninggal Dunia
    10 Borja Mayoral Mencetak Dua Gol Untuk AS Roma
    11 Mahasiswa Apresiasi Bupati Suyatno,Dengan Tidak Melantik kepengurusan Hipemarohi-Pekanbaru 2020-2022
    12 Dollah Mando Tinjauan Objek Wisata Arum Jeram Di Daerah Berjuluk Bumi Nene Mallomo
    13 Seorang Ibu Melahirkan 4 bayi Sekaligus dengan Sendirian,Viral di Media Sosial
    14 Menteri BUMN Erick Thohir Terpilih Menjadi Ketua Umum Masyarakat Ekonomi Syariah
    15 Jurgen Klopp Merombak Timnya Menjelang Lawan Man Utd di Piala FA
    16 Tergiur Kecantikan Anak Tiri Hingga 4 Kali Menyetubuhi,Pelaku Coba Bunuh Diri di Polsek Samarinda
    17 Mau tau Informasi Seputar Pertanian,Segera Download Aplikasi Agribisnis Agrokompleks Store
    18 Wali Kota Terima Audiensi Imigrasi Pekanbaru,Bahas Buka Layanan Pembuatan Paspor di Mal SKA
    19 Pemko Siapkan Regulasi Pungut Retribusi
    20 Dua Pria Asal Palembang Niat Cari Kerja Kepekanbaru, Malah Jadi Jambret
    21 Diklatcab dan Muscab III, HIPMI Pekanbaru Diminta Aktif Dalam Pemulihan Ekonomi Nasional
    22 Tidak Terima Dimintai Uang, Wanita Aniaya Pria Pakai Pecahan Botol Kaca
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA