Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
Jumat, 16-10-2020 - 12:43:45 WIB
Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
TERKAIT:
 
  • Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
  •  

    Kampar, Liputanonline.com – Untuk melakukan fungsinya sebagai pengawasan ditengah-tengah masyarakat, anggota DPRD Kampar tergabung dalam Komisi II melakukan sidak di daerah  objek bersejarah wisata Tugu Khatulistiwa Equator di Desa Lipat Kain Selatan  dan makan Syech Burhanudin Desa Kuntu  Kecamtan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, Senin (12/10/2020).

    Sidak anggota DPRD Kampar yang berjumlah 9 orang,   dipimpin langsung ketua Komisi II,  Zumrotun, S.Sos (Gerindra) dan wakil ketua H. Muhammad Warit (PAN), sekretaris komisi Habiburrahman (PPP) dan beberapa anggota seperti Rahayu Srimulyani (Gerindra) , Haidanan Jupen (Demokrat), IIB Nursaleh (Golkar),  Zalka Putra (PKS), H. Mohd. Kasru Syam (Nasdem) dan Anotona Nazara (PDIP) Dalam sidak anggota komisi II anggota DPRD Kampar tersebut, di Tugu Khatulistiwa Equator, dimana terdapat bangunan tugu yang lama sudah direnovasi. Dimana diatas tugu sebelumnya(lama) terdapat diatas tugu Bola Dunia, namun setelah dilakukan renovasi    Bola Dunia diatas tugu yang merupakan kebanggaan Tugu Khatulistiwa Equator  sudah tidak ada lagi.

    Sementara untuk renovasi Tugu tersebut dianggarkan dana sebesar Rp400.000.000 Juta,  masing-masing dari APBD Murni Rp200.000.000,- Juta. Yang doalokasikan untuk pembangunan Tugu sedangkan dari APBD Perubahan sebesar Rp200.000.000,- Juta untuk pembangunan taman, namun disekitar lokasi proyek tidak ditemukan plang nama.



    Usai sidak di objek wisata Tugu Khatulistiwa Equator , komisi II melanjutkan sidak ke makam Syech Burhanudin Desa Kuntu  Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Pada jenis paket kegitan Peningkatan Pembangunan Sarana Dan Prasaarana Pariwisata pada paket penataan makam Syech Burhanudin senilai Rp432.344.000,- untuk pembangunan satu aula dan empat pintu kamar mandi dan renovasi Flapon aula yang sudah ada sebelumnya  dikerjakan CV.YUSRI TIGA SAUDARA.

    Kepada wartawan , sekretaris Komisi  Habiburrahman menyampaikan,  peran aktif Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar untuk dapat mengawasai berbagai kegiatan yang kini sedang dilaksanakan di daerah Objek wisata bersejarah Khatulistiwa tanpa menghilangkan khas dari objek wisata, bukan hanya sekedar dikerjakan karena Tugu tersebut berada didaerah strategis yang dilintasi orang banyak sehingga orang berduyun-duyun datang melihat keindahan Tugu Khatulistiwa tersebut  yang nantinya bisa membangkitkan warga sekitarnya.

    Habiburrahman juga menyoroti keberadaan pembangunan  makam Syech Burhanudin di Desa Kuntu terkait keberadaan WC yang berada paling depan. Dan menurut Habiburrahman, posisi WC tersebut tidak elok dipandang mata, seharusnya dibelakang makam,” Masak kamar mandi di pintu utama” jelasnya.

    Apalagi setiap tahunnya ribuan orang datang mengunjungi objek wisata makam Syech Burhanudin, kita mengharap agar ditinjaun ulang letak kamar mandi tersebut sehingga terkesan ramah lingkungan dan elok dipandang mata.
     
    Dan menurut Habiburrahman , dimana bupati sebelumnya alm. Azis pernah berpesan, agar dalam lingkungan makam Syech Burhanudin dipasang pavingblok karena  setiap tahunnya  ribuan orang dari berbagain daerah berkunjung ke objek wisata  tersebut, tetapi sampai saat ini belum ada pemasangan pavingblok.

    IIB Nursaleh (Golkar) juga menyoroti terkait kwalitas proyek di objek wisata Tugu Khatulistiwa Equator di Desa Lipat Kain Selatan , yang terlihat tidak memiliki papan nama proyek disekitar lokasi kegiatan, jangan sampai masyarakat bigung mengartikan kegiatan yang sedang berlangsung karena plang proyek merupakan pemberitahun kepada masyarakat akan apa yang dikerjakan dilokasi tersebut yang bersumber dari APBD Kampar tahun 2020.  Dalam plaksanaan tersebut kita semua terlibat.

    Begitu juga dalam pemasangan pavingblok yang ada disekitar aula makam Syech Burhanudin ,  yang kini sudah mulai turun drastis, sementara pekerjaaanya baru beberapa bulan selesai. Ini memperlihatkan ke kita, betapa lemahnya pengawsan dalam pekerjaan tersebut, sehingga tukang mengerjakan sesuka hatinya mengabaikan kwalitas pembangunan proyek, seperti yang kita lihat bersama. Ini meruoakan teguran keras, komisi II kepada dinas Pariwisata Kampar untuk kita bersama-sama  mengawasi serius apapun pekerjaan pembangunan di daerah ini yang didanai APBD dimana dana tersebut dari rakyat untuk rakyat  tegas IIB.

    Hal senada juga disampaikan  wakil ketua H. Muhammad Warit, kekesalannya terhadap beberapa kegiatan pembangunan melalui di Dinas Pariwisata Kampar, salah satu Dinas mitra Komisi II di Pemkab. Kampar. Dari yang sudah kita tinjau atau turun lapangan mulai dari kegiatan di XIII Koto Kampar (Danau Rusa) , Tugu Equator, makam Syech Burhanudin di Kecamatan Kampar Kiri banyak yang tidak sesuai dengan harapan, harapan kita kepada pimpinan daerah Kampar untuk bisa mengevaluasi berbagai kegitan yang sudah dilaksanakan dan ditingkatkan kwalitasnya. Dan pada paket lainnya kita juga akan segera turun lapangan, tegas Warit.(Galeri photo, Komisi II DPRD Kmpar)




     
    Berita Lainnya :
  • Timnas Indonesia U-23 Gagal Uji Coba Lawan PS Tira Persikabo
  • Polsek Singingi Amankan Pria Tanun Dirumahnya Saat Kosumsi Narkoba
  • Wabup Sergai Mencanangkan 6 Kampung Tangguh Baru
  • Bupati Kampar Ikuti Rakor KPK Tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi
  • Satres Narkoba Polres Dharmasraya, Amankan Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Timnas Indonesia U-23 Gagal Uji Coba Lawan PS Tira Persikabo
    02 Polsek Singingi Amankan Pria Tanun Dirumahnya Saat Kosumsi Narkoba
    03 Wabup Sergai Mencanangkan 6 Kampung Tangguh Baru
    04 Bupati Kampar Ikuti Rakor KPK Tentang Strategi Nasional Pencegahan Korupsi
    05 Satres Narkoba Polres Dharmasraya, Amankan Pelaku Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu
    06 Personel Kodim 1420 Sidrap Melaksanakan Kegiatan Vaksinasi Tahap Pertama
    07 Kasat Pol-PP Kampar Nurbit Memimpin Upacara Hari Jadi Satpol PP Ke-71 dan Satlinmas Ke-59
    08 Pelaku UMKM Sergai Terima Bantuan Stimulus di Tengah Pandemi Covid-19
    09 KPK Minta Masalah Aset Antara Pemko dan Pemprov Riau Segera Dituntaskan
    10 TANKOS Milik PT. Sumbar Andalas Kencana Berserakan Dan Membahayakan Pengguna Jalan
    11 Polsek Panipahan Berhasil Ungkap Kasus Penyalahgunaan Narkotika Jenis Sabu
    12 Pertama di Indonesia,Polda Riau Tangani Kasus Pengelolaan Sampah,Dapat Dukungan Dari Menteri KLHK
    13 Polres Sidrap Pertama Di Jajaran Polda se-Sulawesi Terima Suntikan Vaksin Sinovac
    14 Pendaftaran OKP Rapimda dan Musda KPNI Riau Ke-XIV Dibuka Hari Ini
    15 Lagi! Satreskrim Polres Dharmasraya Berhasil Menangkap Pelaku CURANMOR
    16 Ketua DPRD Kabupaten Pelalawan Baharuddin Akan Panggil Manager PLN Pangkalan Kerinci
    17 Pulau Mendol Yang Merupakan Central Produksi Lumbung Padi Pelalawan Perlu Diselamatkan
    18 Bupati dan Wakil Bupati Dharmasraya: Hadiri Rapat Perdana Paripurna di Ruang DPRD
    19 Pemkab Nias Selatan Berikan Bantuan Kepada Warga Tidak Mampu
    20 Gubri Serahkan LKPD Pemprov Riau Tahun 2020 Ke BPK RI Perwakilan Riau
    21 Bupati Sergai Minta OPD Laporkan Kinerja Tiap Bulan di Rapat Finalisasi LKPJ 2020
    22 Pembentukan UPT Sampah dan Retribusi Masih Tahap Kajian
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA