Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
Jumat, 16-10-2020 - 12:43:45 WIB
Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
TERKAIT:
 
  • Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
  •  

    Kampar, Liputanonline.com – Untuk melakukan fungsinya sebagai pengawasan ditengah-tengah masyarakat, anggota DPRD Kampar tergabung dalam Komisi II melakukan sidak di daerah  objek bersejarah wisata Tugu Khatulistiwa Equator di Desa Lipat Kain Selatan  dan makan Syech Burhanudin Desa Kuntu  Kecamtan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, Senin (12/10/2020).

    Sidak anggota DPRD Kampar yang berjumlah 9 orang,   dipimpin langsung ketua Komisi II,  Zumrotun, S.Sos (Gerindra) dan wakil ketua H. Muhammad Warit (PAN), sekretaris komisi Habiburrahman (PPP) dan beberapa anggota seperti Rahayu Srimulyani (Gerindra) , Haidanan Jupen (Demokrat), IIB Nursaleh (Golkar),  Zalka Putra (PKS), H. Mohd. Kasru Syam (Nasdem) dan Anotona Nazara (PDIP) Dalam sidak anggota komisi II anggota DPRD Kampar tersebut, di Tugu Khatulistiwa Equator, dimana terdapat bangunan tugu yang lama sudah direnovasi. Dimana diatas tugu sebelumnya(lama) terdapat diatas tugu Bola Dunia, namun setelah dilakukan renovasi    Bola Dunia diatas tugu yang merupakan kebanggaan Tugu Khatulistiwa Equator  sudah tidak ada lagi.

    Sementara untuk renovasi Tugu tersebut dianggarkan dana sebesar Rp400.000.000 Juta,  masing-masing dari APBD Murni Rp200.000.000,- Juta. Yang doalokasikan untuk pembangunan Tugu sedangkan dari APBD Perubahan sebesar Rp200.000.000,- Juta untuk pembangunan taman, namun disekitar lokasi proyek tidak ditemukan plang nama.



    Usai sidak di objek wisata Tugu Khatulistiwa Equator , komisi II melanjutkan sidak ke makam Syech Burhanudin Desa Kuntu  Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Pada jenis paket kegitan Peningkatan Pembangunan Sarana Dan Prasaarana Pariwisata pada paket penataan makam Syech Burhanudin senilai Rp432.344.000,- untuk pembangunan satu aula dan empat pintu kamar mandi dan renovasi Flapon aula yang sudah ada sebelumnya  dikerjakan CV.YUSRI TIGA SAUDARA.

    Kepada wartawan , sekretaris Komisi  Habiburrahman menyampaikan,  peran aktif Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar untuk dapat mengawasai berbagai kegiatan yang kini sedang dilaksanakan di daerah Objek wisata bersejarah Khatulistiwa tanpa menghilangkan khas dari objek wisata, bukan hanya sekedar dikerjakan karena Tugu tersebut berada didaerah strategis yang dilintasi orang banyak sehingga orang berduyun-duyun datang melihat keindahan Tugu Khatulistiwa tersebut  yang nantinya bisa membangkitkan warga sekitarnya.

    Habiburrahman juga menyoroti keberadaan pembangunan  makam Syech Burhanudin di Desa Kuntu terkait keberadaan WC yang berada paling depan. Dan menurut Habiburrahman, posisi WC tersebut tidak elok dipandang mata, seharusnya dibelakang makam,” Masak kamar mandi di pintu utama” jelasnya.

    Apalagi setiap tahunnya ribuan orang datang mengunjungi objek wisata makam Syech Burhanudin, kita mengharap agar ditinjaun ulang letak kamar mandi tersebut sehingga terkesan ramah lingkungan dan elok dipandang mata.
     
    Dan menurut Habiburrahman , dimana bupati sebelumnya alm. Azis pernah berpesan, agar dalam lingkungan makam Syech Burhanudin dipasang pavingblok karena  setiap tahunnya  ribuan orang dari berbagain daerah berkunjung ke objek wisata  tersebut, tetapi sampai saat ini belum ada pemasangan pavingblok.

    IIB Nursaleh (Golkar) juga menyoroti terkait kwalitas proyek di objek wisata Tugu Khatulistiwa Equator di Desa Lipat Kain Selatan , yang terlihat tidak memiliki papan nama proyek disekitar lokasi kegiatan, jangan sampai masyarakat bigung mengartikan kegiatan yang sedang berlangsung karena plang proyek merupakan pemberitahun kepada masyarakat akan apa yang dikerjakan dilokasi tersebut yang bersumber dari APBD Kampar tahun 2020.  Dalam plaksanaan tersebut kita semua terlibat.

    Begitu juga dalam pemasangan pavingblok yang ada disekitar aula makam Syech Burhanudin ,  yang kini sudah mulai turun drastis, sementara pekerjaaanya baru beberapa bulan selesai. Ini memperlihatkan ke kita, betapa lemahnya pengawsan dalam pekerjaan tersebut, sehingga tukang mengerjakan sesuka hatinya mengabaikan kwalitas pembangunan proyek, seperti yang kita lihat bersama. Ini meruoakan teguran keras, komisi II kepada dinas Pariwisata Kampar untuk kita bersama-sama  mengawasi serius apapun pekerjaan pembangunan di daerah ini yang didanai APBD dimana dana tersebut dari rakyat untuk rakyat  tegas IIB.

    Hal senada juga disampaikan  wakil ketua H. Muhammad Warit, kekesalannya terhadap beberapa kegiatan pembangunan melalui di Dinas Pariwisata Kampar, salah satu Dinas mitra Komisi II di Pemkab. Kampar. Dari yang sudah kita tinjau atau turun lapangan mulai dari kegiatan di XIII Koto Kampar (Danau Rusa) , Tugu Equator, makam Syech Burhanudin di Kecamatan Kampar Kiri banyak yang tidak sesuai dengan harapan, harapan kita kepada pimpinan daerah Kampar untuk bisa mengevaluasi berbagai kegitan yang sudah dilaksanakan dan ditingkatkan kwalitasnya. Dan pada paket lainnya kita juga akan segera turun lapangan, tegas Warit.(Galeri photo, Komisi II DPRD Kmpar)




     
    Berita Lainnya :
  • Sosok Kartini Muda Kuantan Singingi
  • Anak Korban Angin Kencang Dua Pitue Sidrap Terima Bantuan Menteri Sosial
  • Kapolres Kuansing Melakukan Pengecekan Pos PPKM Bersekala Mikro
  • Hari ini Rabu, 21 April 2021 Bupati Harris Mohon Diri, Memasuki Masa Purna Tugas
  • Kapolda Bersama Forkopimda Cek Ke Zona Merah,Ingatkan Warga Agar Disiplin Protokol Kesehatan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Sosok Kartini Muda Kuantan Singingi
    02 Anak Korban Angin Kencang Dua Pitue Sidrap Terima Bantuan Menteri Sosial
    03 Kapolres Kuansing Melakukan Pengecekan Pos PPKM Bersekala Mikro
    04 Hari ini Rabu, 21 April 2021 Bupati Harris Mohon Diri, Memasuki Masa Purna Tugas
    05 Kapolda Bersama Forkopimda Cek Ke Zona Merah,Ingatkan Warga Agar Disiplin Protokol Kesehatan
    06 Bupati Dharmasraya, Sutan Riska Tuanku Kerajaan Lantik Enam Wali Nagari
    07 Dewan Sahkan Dua Ranperda Kota Sungai Penuh
    08 Hadiman:Bantah Pemberitaan Dirinya Gagalkan Program Peremajaan Sawit Andalan Presiden Joko Widodo
    09 Bupati Sergai Sampaikan 5 Pesan Penting, Di Pelantikan 54 Pejabat Administrator
    10 Kepala Desa Antar Waktu, Pemkab Sergai Gelar Seleksi di Aula BKD
    11 Walikota Sungai Penuh Menyampaikan LKPJ APBD 2020 di Paripurna DPRD Sungai Penuh
    12 BPJS Pelalawan Sosialisasi Pentingnya Program BPJS di Kalangan Pers
    13 PT Al Ananda Tingkatkan Kerjasama Produktivitas Lele Asap, Dengan Warga Binaan Lapas Bukittinggi
    14 Bupati Batu Bara Zahir,Lantik Pengurus Kelompok Kerja Bunda PAUD Masa Bakti 2021-2023
    15 Gabungan TNI AL Gagalkan Transaksi dan Penyelundupan 110,925 Kg Sabu dari Malaysia
    16 Tidak Respon LPH Inspektorat Nisut Sang Kades Baho Kecamatan Lotu Dinonaktifkan
    17 Abaikan Prokes,Panitia Reses Anggota DPR RI Saniatul Lativa
    18 Hadiman Pimpin Lansung Sertijab Kasi Pidsus Kajari Kuansing
    19 Dinas Kominfo Kampar Gelar Sertijab Kadis Baru
    20 Awal Safari Ramadhan Bupati Kampar Buka Puasa Bersama Tokoh Muhammadiyah
    21 Akibat Anggin Kencang dan Hujan Deras Tiga Rumah Warga Rusak
    22 Perpustakaan Tenas Effendy Kota Pekanbaru Kembali Buka Setiap Hari
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA