Home Ekonomi Politik Nasional Daerah Hukrim Gaya Hidup Internasional Indeks
Follow Us ON :
 
Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
Jumat, 16-10-2020 - 12:43:45 WIB
Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
TERKAIT:
 
  • Komisi II DPRD Kampar Kunjungi Tugu Khatulistiwa dan Makam Syech Burhanudin
  •  

    Kampar, Liputanonline.com – Untuk melakukan fungsinya sebagai pengawasan ditengah-tengah masyarakat, anggota DPRD Kampar tergabung dalam Komisi II melakukan sidak di daerah  objek bersejarah wisata Tugu Khatulistiwa Equator di Desa Lipat Kain Selatan  dan makan Syech Burhanudin Desa Kuntu  Kecamtan Kampar Kiri Kabupaten Kampar, Senin (12/10/2020).

    Sidak anggota DPRD Kampar yang berjumlah 9 orang,   dipimpin langsung ketua Komisi II,  Zumrotun, S.Sos (Gerindra) dan wakil ketua H. Muhammad Warit (PAN), sekretaris komisi Habiburrahman (PPP) dan beberapa anggota seperti Rahayu Srimulyani (Gerindra) , Haidanan Jupen (Demokrat), IIB Nursaleh (Golkar),  Zalka Putra (PKS), H. Mohd. Kasru Syam (Nasdem) dan Anotona Nazara (PDIP) Dalam sidak anggota komisi II anggota DPRD Kampar tersebut, di Tugu Khatulistiwa Equator, dimana terdapat bangunan tugu yang lama sudah direnovasi. Dimana diatas tugu sebelumnya(lama) terdapat diatas tugu Bola Dunia, namun setelah dilakukan renovasi    Bola Dunia diatas tugu yang merupakan kebanggaan Tugu Khatulistiwa Equator  sudah tidak ada lagi.

    Sementara untuk renovasi Tugu tersebut dianggarkan dana sebesar Rp400.000.000 Juta,  masing-masing dari APBD Murni Rp200.000.000,- Juta. Yang doalokasikan untuk pembangunan Tugu sedangkan dari APBD Perubahan sebesar Rp200.000.000,- Juta untuk pembangunan taman, namun disekitar lokasi proyek tidak ditemukan plang nama.



    Usai sidak di objek wisata Tugu Khatulistiwa Equator , komisi II melanjutkan sidak ke makam Syech Burhanudin Desa Kuntu  Kecamatan Kampar Kiri Kabupaten Kampar. Pada jenis paket kegitan Peningkatan Pembangunan Sarana Dan Prasaarana Pariwisata pada paket penataan makam Syech Burhanudin senilai Rp432.344.000,- untuk pembangunan satu aula dan empat pintu kamar mandi dan renovasi Flapon aula yang sudah ada sebelumnya  dikerjakan CV.YUSRI TIGA SAUDARA.

    Kepada wartawan , sekretaris Komisi  Habiburrahman menyampaikan,  peran aktif Dinas Pariwisata Kabupaten Kampar untuk dapat mengawasai berbagai kegiatan yang kini sedang dilaksanakan di daerah Objek wisata bersejarah Khatulistiwa tanpa menghilangkan khas dari objek wisata, bukan hanya sekedar dikerjakan karena Tugu tersebut berada didaerah strategis yang dilintasi orang banyak sehingga orang berduyun-duyun datang melihat keindahan Tugu Khatulistiwa tersebut  yang nantinya bisa membangkitkan warga sekitarnya.

    Habiburrahman juga menyoroti keberadaan pembangunan  makam Syech Burhanudin di Desa Kuntu terkait keberadaan WC yang berada paling depan. Dan menurut Habiburrahman, posisi WC tersebut tidak elok dipandang mata, seharusnya dibelakang makam,” Masak kamar mandi di pintu utama” jelasnya.

    Apalagi setiap tahunnya ribuan orang datang mengunjungi objek wisata makam Syech Burhanudin, kita mengharap agar ditinjaun ulang letak kamar mandi tersebut sehingga terkesan ramah lingkungan dan elok dipandang mata.
     
    Dan menurut Habiburrahman , dimana bupati sebelumnya alm. Azis pernah berpesan, agar dalam lingkungan makam Syech Burhanudin dipasang pavingblok karena  setiap tahunnya  ribuan orang dari berbagain daerah berkunjung ke objek wisata  tersebut, tetapi sampai saat ini belum ada pemasangan pavingblok.

    IIB Nursaleh (Golkar) juga menyoroti terkait kwalitas proyek di objek wisata Tugu Khatulistiwa Equator di Desa Lipat Kain Selatan , yang terlihat tidak memiliki papan nama proyek disekitar lokasi kegiatan, jangan sampai masyarakat bigung mengartikan kegiatan yang sedang berlangsung karena plang proyek merupakan pemberitahun kepada masyarakat akan apa yang dikerjakan dilokasi tersebut yang bersumber dari APBD Kampar tahun 2020.  Dalam plaksanaan tersebut kita semua terlibat.

    Begitu juga dalam pemasangan pavingblok yang ada disekitar aula makam Syech Burhanudin ,  yang kini sudah mulai turun drastis, sementara pekerjaaanya baru beberapa bulan selesai. Ini memperlihatkan ke kita, betapa lemahnya pengawsan dalam pekerjaan tersebut, sehingga tukang mengerjakan sesuka hatinya mengabaikan kwalitas pembangunan proyek, seperti yang kita lihat bersama. Ini meruoakan teguran keras, komisi II kepada dinas Pariwisata Kampar untuk kita bersama-sama  mengawasi serius apapun pekerjaan pembangunan di daerah ini yang didanai APBD dimana dana tersebut dari rakyat untuk rakyat  tegas IIB.

    Hal senada juga disampaikan  wakil ketua H. Muhammad Warit, kekesalannya terhadap beberapa kegiatan pembangunan melalui di Dinas Pariwisata Kampar, salah satu Dinas mitra Komisi II di Pemkab. Kampar. Dari yang sudah kita tinjau atau turun lapangan mulai dari kegiatan di XIII Koto Kampar (Danau Rusa) , Tugu Equator, makam Syech Burhanudin di Kecamatan Kampar Kiri banyak yang tidak sesuai dengan harapan, harapan kita kepada pimpinan daerah Kampar untuk bisa mengevaluasi berbagai kegitan yang sudah dilaksanakan dan ditingkatkan kwalitasnya. Dan pada paket lainnya kita juga akan segera turun lapangan, tegas Warit.(Galeri photo, Komisi II DPRD Kmpar)




     
    Berita Lainnya :
  • Gelar Pasukan, Polres Sidrap Siapkan Ratusan Personil Amankan Pilkades Serentak 2021
  • Polrestabes Medan Gagalkan Peredaran 23 Kg Sabu Di Kota Medan
  • Kerjasama dengan BI Kalbar, Kodam XII/Tpr Sosialisasikan QRIS Kepada Prajurit
  • Pengurus Pokdar Kamtibmas Resort Pelalawan Riau Lakukan Audensi Dengan Kejari Pelalawan
  • Gebyar Vaksin Presisi Polres Sawahlunto di Pasar Sapan
  •  
    Komentar Anda :

     
    + Indeks Berita +
    01 Gelar Pasukan, Polres Sidrap Siapkan Ratusan Personil Amankan Pilkades Serentak 2021
    02 Polrestabes Medan Gagalkan Peredaran 23 Kg Sabu Di Kota Medan
    03 Kerjasama dengan BI Kalbar, Kodam XII/Tpr Sosialisasikan QRIS Kepada Prajurit
    04 Pengurus Pokdar Kamtibmas Resort Pelalawan Riau Lakukan Audensi Dengan Kejari Pelalawan
    05 Gebyar Vaksin Presisi Polres Sawahlunto di Pasar Sapan
    06 Peduli Sosial Alumni Akabri 99 Riau Salurkan 1000 Bansos Dan Gelar 1000 Vaksinasi
    07 Aksi Unjuk Rasa Mahasiwa Rohil, Sampaikan Tiga Tuntutan Kepada Bupati Afrizal Sintong
    08 Menata Kota Sei Rampah Lewat Relokasi Pasar
    09 Progres Crossing PIPA Kontraktor Pertamina Lamban Akibatkan Jalan Nasional Rusak
    10 Babinpotdirga Lanud Sam Ratulangi Pimpin Warga Tasuka Bersih Bersih
    11 Serbuan Vaksinasi Diiringi Bantuan Sosial di Bitung Sulut
    12 Kasi Propam Polres Sidrap Sosialisasikan Aplikasi Propam Presisi, Ini Tujuannya
    13 Kajari Kuansing Optimis Kasus Hotel Kuansing dan Pasar Modern Tuntas Tahun Ini
    14 Gubri Syamsuar Ganti Andi Putra Dengan Suhardiman Amby
    15 Pemdes Muaro Sentajo Bagikan BLT DD Tahap 10
    16 Bupati Kuansing Andi Putra Yang Berseteru Dengan Kejari Kuasing, KPK yang Menangkap
    17 Elviriadi: Pentingnya Ideologi Kaderesasi Untuk Kader Kader Muda Muhammadiyah
    18 Gelap Mata Gegara Mantan Pacar, Seorang Pria di Sidrap Parangi Korban
    19 Ranperda KUA-PPAS dan Infrastruktur Perumahan-Permukiman Kabupaten Sergai Disetujui DPRD 
    20 Danlanud Sam Ratulangi Peringati HUT Korpakhasau ke-74 di Kalawiran
    21 Tegas Kapolri: Pecat Tidak Hormat Dan Pidanakan Oknum Polisi Yang Melanggar Aturan
    22 Kapolri: Jangan Ragu Pecat dan Pidanakan Anggota Yang Melanggar!
     
     
    Galeri Foto | Advertorial | Indeks Berita
    Redaksi | Disclaimer | Pedoman Media Siber | Tentang Kami | Info Iklan
    © PT.RAFAEL LIPUTAN ONLINE PERS - LIPUTANONLINE.COM - AKTUAL & TERPERCAYA